Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible Income terhadap Minat Menabung Anggota di KBMT Al Ikhlash Lumajang

Authors

  • Yuliatin Yuliatin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.705

Keywords:

religiusitas, disposible income, minat

Abstract

Peranan BMT  sangat penting dalam membangun iklim usaha yang sehat di Indonesia. BMT juga melakukan strategi yang tepat bagi pemberdayaan usaha kecil dan menengah. Seperti yang dilakukan oleh KBMT Al-Ikhlash Lumajang yang menggunakan strategi sistem jemput bola untuk mempertahankan dan mampu bersaing dengan Lembaga Keuangan lainnya baik konvensional maupun Bank Syariah.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas dan disposible income Anggota terhadap minat menabung di KBMT Al-Ikhlash Lumajang.

Penelitian ini menggunakan metode kuanitatif, sedangkan objek penelitiannya adalah anggota KBMT Al Ikhlash Lumajang sebanyak  sebanyak 100 responden. Sedangkan untuk tekhnik pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan, kuisioner, dan dokumentasi. Alat uji yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil dari penelitian, pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa dari kedua variabel yang terdiri dari Religiusitas (X1) dan Disposible income (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota di KBMT Al-Ikhlash Luamang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel Religiusitas (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota, sedangkan Disposible income (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota. Dari uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,856 yang artinya 85,6% minat menabung dipengaruhi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu variabel Religiusitas (X1) dan Disposible income (X2), sedangkan sisanya sebesar 14,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, dkk. 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Banndung: CV. Pustaka Setia.
Ancok dan Suroso. 2011. Psikologi Islam Solusi Islam Atas Problem – Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anggoro, M. Toha, dkk. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dornbusch, Rudiger dan Stanley Fischer. 1997. Makro ekonomi. Alih bahasa Julius A. Mulyadi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Fauzan, 2015 Pengaruh Religiusitas Terhadap Etika Berbisni. Malang: Universitas Kanuruhan.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat Program IBM SPSS 23. Edsisi 8. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Mangani , Ktut Silvanita. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Iroso, W. 2011. Akuntansi Transaksi Syariah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
Persaulian, Baginda et al. 2013. Analisis Konsumsi Anggota di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi (Online ) Vol.1 no. 02. (Di akses 9 Februari 2020)
Purwanto, Aris. 2016. Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Boyolali. salatiga: Institut Agama Islam Negeri. (Di akses 9 Februari 2020)
Purwanto, Edy. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rahardja & Manurung. 2008. Teori Ekonomi Makro. Edisi 4. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Rasul, Agung abdul. 2011. Ekonomitrika Formula Dan Aplikasi Dalam Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media & UHAMKA.
Rajab, Khairunas Rajab. 2012. Psikologi Agama. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Sahlan, Asmaun. 2012. Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam. Malang: UIN Maliki Pres.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV alfabeta.
Sukirno, Sadono. 2005. Makro Ekonomi Modern. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Sumitro, Warkun. 1996. Asas-asas Perbankan Islam dan Lembaga-lembaga Terkait di Indonesia. Jakarta Raja Grafindo Persada.
Widodo, Hartono Widodo. 2000. PAS (Pedoman Akuntansi Syari’ah) Panduan Praktis Operasional BMT. Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2020-10-16

How to Cite

Yuliatin, Y. (2020). Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible Income terhadap Minat Menabung Anggota di KBMT Al Ikhlash Lumajang. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 107–124. https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.705

Issue

Section

Articles