Strategi Pemasaran Pembiayaan Mikro Sanitasi Berbasis Akad Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Syirkah Fastabiqul Khoirot Cabang Jatiroto
DOI:
https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.704Keywords:
pemasaran, pembiayaan mikro sanitasi, murabahahAbstract
Persaingan di dalam dunia bisnis sudah tidak asing lagi bagi kita. Persaingan tersebut justru menuntut setiap pemilik sebuah bisnis harus melaksanakan kegiatan pemasaran.
Peneliti mengunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penyajian data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan pegumpulan data.
Hasil dari peneitian lapangan yaitu: (1) Product: Produk yang dimiliki Syirkah itu berbeda dengan koperasi lainnya. (2) Price. Ketika anggota melunasi angsurannya. (3) Place. Segmentasi dalam memilih tempat berdekatan dengan pasar. (4) Promotion. Promosi marketing menawarkan kepada anggota. (5) People. Para marketing ketika berbicara dengan anggota menggunakan bahasa jawa atau madura. (6) Process. Tidak ada survey bagi anggota yang tidak pernah macet. (7) Physical Edvidance. Melayani yaitu jemput bola. Adapun prosedur pembiayaan mikro sanitasi yakni dengan melakukan pengajuan, kemudian disurvei untuk mengetahui informasi anggota tersebut.
Downloads
References
Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi PenelitianKualitati. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Benjamin, tregoe dan John. 1980. Strategi Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Benjamin, Tregoe dan John. 1980. Strategi Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Bungin, Burhan. 2008.Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daniel, Mc carl. 2001. Riset Pemasaran Kontenporer. Jakarta: Salemba Empat.
Donald Trump dan Don sexton. 2006. Trump University Marketing. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu populer.
Hakim, Atang abdul. 2011. Fiqih Perbankan Syariah. Bandung: PT Refika Aditama.
Iskandar. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Sosial Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: gaug persada pers.
Kasmir dan Jakfar. 2013. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenada Media Grup.
Moloeng, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhajir, Neong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad. 2005. Manajment Bank Syariah. Yogyakarta: Upp STIM YKPN.
Nafis, Abdul Wadud. 2014. Manajemen pemasaran Bank Syariah. Jember STAIN.
Nur Indriarto dan Bambang. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nuraida, Ida. 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius. Maharani, dwi Rochmati. 2014. Implementasi Program Penyediyaan Air Minum dan Sanitasi. Yogyakarta: Kanisius.
Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitataif. Bandung: Alfabeta.
Paulus Sukardi dan Evi Thelia. 2007. Bisnis internasional Sebuah Perspektif Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Philip Kotler dan Gerry. 2008. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Philip kotler dan Kevin lane. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Philip Kotler dan Kevin. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Prastowo,Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Persepektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prayetno,Sondang. 2009.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Purnama, 2001. Lingga. Strategi Marketing Plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rianto, Muhammad Nur. 2015. Pengantar Ekonomi Syariah. Bandung: pustaka setia.
Rivai, Veithzal. 2007. ManajemenKredit. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB.
Slameto. 1991. Proses Belajar Bengajar Dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: bumi aksara.
Stanto. 1993. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Sugiono. 2010. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: Al-fabeta.
Suliyanto. 2010. Studi Klayakan Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi offset.
Sunyono, danang dan Wika. 2006. Etika Bisnis. Yogyakarta: CAPS.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka.
Tisnawati, emie. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusuf, Muhammad. 2019.Konsep dan Strategi Pasar. Makassar: CV Sah Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Kamilia Nur Wahyu Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.