Pengaruh Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi Serba Usaha Madani Randuagung Lumajang

Authors

  • Febby Ayu Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.701

Keywords:

pemasaran, kualitas pelayanan, kepuasan anggota

Abstract

Kepuasan akan terbentuk jika dapat memenuhi harapan-harapan dasar pelanggan. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota, diantaranya pemasaran dan kualitas pelayanan.

Populasi dalam penelitian ini adalah anggota tahun 2018 sampai tahun sekarang di KSU Madani Randuagung Lumajang. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan memakai rumus slovin dengan hasil sebanyak 63 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui ketepatan suatu alat ukur, regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan terikat, uji F dan uji t digunakan untuk mengetahui hipotesis yang dikemukakan.

Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda adalah y = 2,505+ 0,599 X1 + 0,259 X2. (1) Ada pengaruh pemasaran terhadap kepuasan anggota secara parsial dengan nilai t =4,344. (2) Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota secara parsial dengan nilai t =1,853.(3)Dari kedua variabel pemasaran dan kualitas pelayanan yang paling dominan adalah variabel pemasaran diperoleh nilai koefisien regresi untuk pemasaran sebesar 0,599dan kualitas pelayanan sebesar 0,259.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asbar Yuli. 2017. Analisa dalam mengukur kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode PIECES. Jurnal visioner & strategis.
Azwar Sifudin. 2012. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Barata Adya Atep. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Buchori Nur S. 2019. Manajemen Koperasi Syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Engkos Ahmad Kuncoro, Ridwan. 2014. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis(Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta.

Fausi Moh. 2017. Pelayanan Konsumen. Yogyakarta: Parama Publishing.
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Lupiyoadi Rambat.2006. Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Meftahudin. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bauran PemasaranTerhadap Loyalitas Anggota Koperasi Aryadana Wonosobo Dengan Kepuasan Anggota. Jurnal.

Mubarok Achyar. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap keputusan pembelian paket Umroh di Anita Wisata Surabaya, Skripsi Universitas Sunan Ampel Surabaya.
Philip Kotler. 1997.Manajemen Pemasaran: Analisis , Perencanaan, Implementasi Dan Kontrol . PT. Indeks Jakarta.

Safe’i Abdullah. 2012. Tinjauan Terhadap Kedudukan dan Peranannya dalam Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Jurnal Media Syariah.

Shinta Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang : UB Press.
Soemitra Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Prenada Media Gruop.
Sugianto. Nurlela. h Cristin. fuad. M Paulus. 2000. Pengantar Bisnis .PT Gramedia pustaka utama jakarta .
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2019. Metodologi Penelitian Bisnis ( Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D) . Bandung: Alfabeta.

Tjiptono Fandy.2001. Manajemen Jasa .Yogyakarta : Andi Offset.

Downloads

Published

2020-10-16

How to Cite

Ayu, F. (2020). Pengaruh Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi Serba Usaha Madani Randuagung Lumajang. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 19–36. https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.701

Issue

Section

Articles