Analisis Faktor-Faktor Bisnis Multi Level Marketing Terhadap Kebebasan Finansial Distributor Pada Pt. K-Link Syariah Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.1594Keywords:
Multi Level Marketing, Kebebasan FinansialAbstract
Dalam penelitian ini, yang akan di analisa adalah bisnis jaringan MLM Syariah sebagai praktek nyata dari kegiatan bisnis MLM. Dimana, banyak yang menganggap MLM sebagai cara terbaik untuk mendapatkan finansial, dan merupakan terobosan yang akan memberikan banyak “peluang†bagi yang menekuninya. Peluang untukmendapatkan penghasilan yang lebih besar secara cepat, serta merupakan cara untuk bebas secara finansial
Adapun fokus masalah yang di teliti dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah bisnis jaringan Multi Level Marketing (MLM) yang meliputi perekrutan anggota baru (jenjang atau level), Sistem pendidikan dan pelatihan, Penjualan produk, serta komisi dan bonus, berpengaruh terhadap kebebasan finansial Distributor 2). Variable bisnis jaringan Multi Level Marketing (MLM) yang meliputi perekrutan anggota baru (jenjang atau level), Sistem pendidikan dan pelatihan, Penjualan produk, serta komisi dan bonus manakah yang memililki pengaruh dominan terhadap kebebasan finansial Distributor
Adapun tujuan penelitian ini adalah:1). Untuk menganalisa bisnis jaringan Multi Level Marketing (MLM) yang meliputi perekrutan anggota baru (jenjang atau level), Sistem pendidikan dan pelatihan, Penjualan produk, serta komisi dan bonus, berpengaruh terhadap kebebasan finansial Distributor 2).Untuk menganalisa Variable bisnis jaringan Multi Level Marketing (MLM) yang meliputi perekrutan anggota baru (jenjang atau level), Sistem pendidikan dan pelatihan, Penjualan produk, serta komisi dan bonus yang memiliki pengaruh dominan terhadap kebebasan finansial Distributor
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui ketepatan dan kemantapan suatu alat ukur. Dan regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat.Uji t digunakan untuk mengetahuim hipotesis yang dikemukakan.
Adapun kesimpulan penelitian ini 1). perekrutan anggota baru (jenjang atau level), Sistem pendidikan dan pelatihan, Penjualan produk, tidak berpengaruh secara signifikan sedangkan komisi dan bonus, berpengaruh terhadap kebebasan finansial Distributor secara signifikan 2). yang memiliki penagaruh dominan adalah komisi dan bonus terhadap kebebasan finansial Distributor PT. K-Link Syariah Lumajang
Downloads
References
Dewi, Gemala 2005. Hukum Perikatan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Fauzia, Ika Yunia. 2018. perilaku bisnis dalam jaringan pemasaran ( studi kasus pemberian kepercayaan dalam bisnis multi level marketing syariah (MLMS) pada helba penawar al-Wahida(HPA) di surabaya). Surabaya. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.
Gomes, Faustino Cardoso. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Ofset.
H.Komara, Djoko. 2012. Buku Kerja Fondation pack. PT. K-link Indonesia.
Harefa, Andreas 1999. Multi Level Marketing. Jakarta: Gramedia.
Harianto, Muhsin. 2009. Fiqih Kontemporer,Yogyakarta : Kapita Selekta.
Huges dan kapoor. 2018. Pengantar Bisnis.Jakarta: Mitra Selemba empat.
Jannah, Nurul. 2014. Pengaruh Prosedur Pembiayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Pada Bmt Ugt Sidogiri Capem Ranuyoso Lumajang. Institut Agama Islam Syarifuddin.
Kiyosaki, Robert T. 2008. The Business School. Jakarta: Gramedia.
Mahardika, Alifa. 2018. Hubungan antara kreativitas verbal dengan motivasi berprestadi distributor MLM high desert. Malang.
Nailil. 2018. Strategi Pengembangan Jaringan Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Syari’ah AHAD NET sebagai Upaya Penentuan peringkat dan Insentif.
Piblishing, Mic.2016. The Secret Of MLM. Surabaya: PT. Insan Cemerlang.
Priyatno, Duwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Randal S. dan Jackson, Susan E, 1996, Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga, Jakarta.
Rivai, 2005. Evaluasi Program Pelatihan, Surabaya: Pustaka Pelajar.
Rozi, Moch. Fachrur. 2005. Kontroversi Bisnis MLM, Yogyakarta : Penerbit Pilar Humania
Santoso, Singgih. 2004. SPSS Versi 14. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Schermerhorn, Jhon R. 1997. Manajemen . Yogyakarta : Andi.
Siagian, Sondang P, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Sopian. 2004. Kontroversi Bisnis Aa Gym: Koreksi untuk pengagum Aa Gym dan Pecinta MLM. Jakarta : Penerbit Pustaka Medina
Sringimbun dan efendi. 1989. Metode penelitian survei. Jakarta : Soerjono.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhargin, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhendi, Hendi. 2005. Fiqih Muamalah. Jakarta: Raja Grafindo
Sulaiman. 2018. Sistem multi level marketing (MLM) dalam perspektif etika bisnis islam.
Umar, Husein. 2003. Metode Penelitian Tesis, dan Bisnis. Jakarta: Raja Grapindo.
Wijoyo, Slamet. 2005. Manajemen Potensi Diri. Jakarta: Grasido.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Devina Mara Qonitatillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.