Efektivitas manajemen risiko dan hasil

  • Shinta Nuriah
  • Baharudin Rois Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Umi Suswati Risnaeni Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Manajemen risiko dan hasil ini membahas  pengertian risiko dan hasil, jenis-jenis risiko serta  manajemen risiko dan hasil yang meliputi evaluasi risiko, pengelolaan risiko dan hubungan risiko dan hasil. Dalam sebuah perusahaan tentunya harus memperkirakan risiko yang akan terjadi. Risiko ini harus diperhatikan oleh perusahaan untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Karena setiap perusahaan tidak pernah bisa melepaskan diri dari persaingan. Selain itu kemungkinan adanya kerugian dalam suatu perusahaan juga perlu diperhatikan. Memang perusahaan dapat memperkirakan keuntungan yang akan diperoleh, tetapi juga tidak dapat disangka jika malah mendapatkan keadaan yang sebaliknya. Oleh karena itu di dalam sebuah perusahaan sangat perlu adanya manajemen resiko untuk dapat bertahan dari pesaing dan mengantisipasi adanya kerugian yang dapat terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifiani. 2017. “Analisis Return dan Risk atas Investasi Saham pada Perusahaan dan Komponen Go Publik di Bursa Efek Indonesia Periode 2”.Jurnal Studi Manajemen Bisnis. Vol.1. No.1.
Basyaib,Fahmi. 2007. Manajemen Risiko.Jakarta: Grasindo.
Dewi, Ni Made Indah Purnama dan Ida Bagus Panji Sedana. 2017. “Efektivitas Manajemen Risiko Dalam Mengendalikan Risiko Kredit Di Pt Bank Rakyat Indonesia”.E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6. No. 8.
Indrawati, Nur Khusniyah . 2012. “Manajemen Risiko Berbasis Spiritual Islam”.Jurnal Ekonomi dan Keuangan.Vol.16. No 2.
Labombang,Mastura. 2011. “Manajemen Risiko dalam Proyek Konstruksi”, Jurnal SMARtek, Vol.9. No. 1.
Maralis, Reni dan Aris Triyono. 2019.Manajemen Risiko.Yogyakarta: Deepublish
Prabawa, Dwian Wahyu dan Fitri Lukiastuti. 2015. “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Manajemen Risiko dan Manajemen Modal Kerja Terhadap Return Saham”.Jurnal Manajemen Indonesia.Vol.15. No.1.
Rifai,Achmad Boys Awaluddin. 2020. “Analisis Risiko Imbal Hasil Pada Bank Syariah”.Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam. Vol.11. No. 2.
Trimulato. 2017. “Manajemen Risiko Berbasisi Syariah”. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam.Vol. 1. No.1.
YAP, Pardjo. 2017. Panduan Praktis Manajemen Risiko Perusahaan. Jakarta: Growing Publishing
Zulhawati dan Rofiqoh, Ifah. 2014. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta.
Mudrika Berliana AS., Salsabila Dea, Mualif Zidan, dan Johan Christian. 2020, “Analisis Manajemen Risiko Bisnis”, Jurnal Akuntansi Universitas Jember, Vol.18, No.1.
Iqbal Fasa, Muhammad. 2016. “Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia”, Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 1, No. 2.
Published
2021-12-01
How to Cite
NURIAH, Shinta; ROIS, Baharudin; RISNAENI, Umi Suswati. Efektivitas manajemen risiko dan hasil. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-12, dec. 2021. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna/article/view/1262>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles