Struktur modal dalam perusahaan

  • Ladys Like Arifin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Qurrotin Nuril Jannah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Yuli Dwi Yusrani Anugrah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Struktur modal merupakan suatu hal yang berkaitan dengan pembelanjaan jangka panjang pada suatu perusahaan yang dapat diukur dengan perbandingan utang jangka panjang dengan modal sendiri. Teori struktur modal menjelaskan bahwa apakah suatu kebijakan pembelanjaan jangka panjang bisa mempengaruhi suatu nilai pada perusahaan, biaya modal dan harga pasar saham pada perusahaan. Struktur modal yang efektif mampu menciptakan perusahaan dengan keuangan yang kuat dan stabil. Bersamaan dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat dibidang pasar modal dan tersedianya dana daripara calon investor yang berniat menginvestasikan modalnya. Dalam melihat struktur modal perusahaan, para investor tidak dapat dipisahkan dari informasi perusahaan yang berupa laporan keuangan yang di keluarkan perusahaan pada setiap tahunnya. Para investor akan berbagi analisis terkait dengan keputusan untuk menanamkan modalnya pada perusahaan melalui informasi yang salah satunya berasal dari laporan keuangan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setyo Prayogo, Tony dan Maqsudi, Achmad. 2016. “Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Timah Tbk”, Jurnal Ekonomi Akuntansi, Vol. 1, No.1.
Putri, Julia. 2016, “Pengaruh struktur modal pada nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur Go Publik”, JOM FISIP. Vol. 3 No. 2.
Sianipar, Syarinah. 2017. “Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Makanan dan Minuman di BEI”, Jom FISIP. Volume 4 No.1.
Apriada, Kadek dan Sadha Suardikha, Made. 2014. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal Dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan”, E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.2 (2016) : 201-218.
Ifah Rofiqoh, Zulhawati. 2014. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Yogyakarta.
Dewi Adnyani, Ni Made. 2014. “Faktor yang mempengaruhi Struktur Modal pada perusahaan manufaktur di BEI”, Artikel Ilmiah
Lastri Pangulu, Agustina. 2014. “Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan”, Jurnal Ilmiah.
Published
2021-12-05
How to Cite
LIKE ARIFIN, Ladys; NURIL JANNAH, Qurrotin; YUSRANI ANUGRAH, Yuli Dwi. Struktur modal dalam perusahaan. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 8-14, dec. 2021. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna/article/view/1169>. Date accessed: 21 jan. 2022.
Section
Articles