Konsep investasi dalam akuntansi syariah

  • Muslimatul Amelia Zuhdi Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Umi Suswati Risnaeni Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Investasi adalah komitmen (perjanjian) untuk menunjang beberapa dana dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang. Namun demikian, banyak  yang memanfaatkan investasi menjadi alat untuk menggabungkan sejumlah dana dari masyarakat dengan beberapa produk dan aktifitas  usaha yang tidak berdasarkan sesuai aturan syariah. Maka dari  itu, uraian terkait prinsip-prinsip syariah menjadi sangat penting didalam berinvestasi sebagai petunjuk bagi masyarakat. Kegiatan berinvestasi secara eklpisit ataupun implisit tertuang di dalam beberapa ayat Al-Qur’an dan sunnah nabi Muhammad saw. Yang dulu pernah menjalankan bisnis serta menjadi mitra investor Mekah di masanya.Prinsip investasi syariah merupakan  semua bentuk muamalah yang boleh dilaksanakan hingga terdapat dalil dalil yang melarangnya, yaitu jika ditemukannya kegiatan terlarang dalam suatu bisnis, baik dari objek (produk) maupun proses kegiatan usaha yang mengandung unsur haram, gharār, maysīr, ribā, tadlīs, talaqqī al-rukbān, ghabn, ḍarar, rishwah, maksiat and ẓulm. Dalam berinvestasi, terdapat aturan aturan syariah terkait akad apa saja yang diperbolehkan, apa yang dilarang, dan risiko apa yang timbul sebagai bagian integral dari kegiatan investasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muljono, Djoko. 2014. Buku Pintar Akuntansi Perbankan Dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta : Andi.
Dr.H. Muhammad, M.Ag. 2007. Akuntansi Perbankan Syariah Dari Teori ke Praktik (adopsi IFRS). Yogyakarta: Deepublish.
Drs.Ismail, MBA., Ak. 2011. Perbankan Syariah. Surabaya: Kencana.
Dr.Eduardus andelilin, MBA, CWM, CSA. 2017. Pasar Modal Manajemen Portofolio dan Investasi. Yogyakarta : PT KANIKUS.
Pardiansyah. Elif. 2017. Investasi dalam Perspektif Ekonomi Islam : pendekatan Teoritis dan Empiris jurnal Ekonomi Islam.
Rahmawati,Naily. 2015 Manajemen Investasi Syariah, Mataram : IAIN MATARAM.
Published
2021-06-01
How to Cite
ZUHDI, Muslimatul Amelia; RISNAENI, Umi Suswati. Konsep investasi dalam akuntansi syariah. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 49-60, june 2021. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna/article/view/1096>. Date accessed: 23 july 2021.
Section
Articles