Implikasi Pembacaan Kitab Sullam Taufiq Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa di MA Nurul Amin Rojopolo Lumajang

Authors

  • Lailatul Hasanah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Satuyar Mufidz Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Keywords:

Kitab Sullam Taufiq, Religiusitas

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikasi pembacaan kitab Sullam Taufiq untuk meningkatkan religiusitas siswa di MA Nurul Amin Rojopolo Lumajang dan mengetahui faktor pendukung serta penghambatnya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa waktu dilaksanakan pembacaan kitab Sullam Taufiq yakni selama 30 menit setiap pagi sebelum proses belajar mengajar dimulai dan setelah pelaksanaan shalat dhuha serta membaca rotibul haddad selesai. Adapaun faktor penghambat proses implikasi pembacaan kitab Sullam Taufiq adalah ada beberapa siswa yang tidak bisa membaca kitab dan tidak bisa membaca hasil makna sendiri dengan tulisan pego atau tulisan arab, sedangkan yang merupakan faktor pendukung yaitu materi dari kitab Sullam Taufiq.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Jumal. 2020. “Religiusitas, Refleksi dan Subjektivitas Keagamaan: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah”. Tesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Akbar, Gumilar Tyas. 2013. “Usaha Guru PAI dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa melalui Pendekatan Multiple Intelligences Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Alam Nurul Islam Yogyakarta”. Skripsi, Faklutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Andi, Thahir. 2004. “Hubungan Religiusitas dan Suasana Rumah Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja Akhir”. Thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Arifin, Muhajir. “Ortu dan Guru Minta Maaf Ulah 7 Remaja Pemeran Video Tawuran Bawa Celurit Pasuruan”, detiknews, 2 Februari 2023. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5824218/ortu-dan-guru-minta-maaf-ulah-7-remaja-pemeran-video-tawuran-bawa-celurit

Arwani, Agus. “Peran Spiritualitas dan Religiusitas Bagi Guru dalam Lembaga Pendidikan”. Forum Tarbiyah, Vol. 11, No. 1 (Juni, 2013).

Daradjat, Zakiah. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Darwis, Mohammad dan Fahmi Ikrom. “Pengaruh Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma Terhadap Karakter Religius Siswa”. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, Vol. 3, No. 1 (Januari, 2023). DOI: https://doi.org/10.54471/nusantara.v3i1.44

Fitriani, Annisa. “Peran Religiusitas dalam Meningkatkan Psychological Well Bein”. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, Vol. 11, No. 1, 2016). https://doi.org/10.24042/ajsla.v11i1.1437

Imam Syafi’I (Guru), wawancara, Rojopolo, 14 januari 2023.

Irfan, Paturohman. “Peran Pendidikan Pondok Pesantren Dalamperbaikan Kondisi Keberagamaan di Lingkungannya (Studi Deskriptif pada Pondok Pesantren Dār Al-Taubaħ, Bandung)”. Jurnal Tarbawi, Vol. 1, No. 1, 2012).

Mastiyah, Iyoh. “Religiusitas Siswa Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas”. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan, Vol. 16, No. 3, 2018).

Muafa, Ustaz. “Mengenal Kitab Sullam At-Taufiq”. irtaqi.net (28 Februari 2018). https://irtaqi.net/2018/02/28/mengenal-kitab-sullam-taufiq/

Muttaqin, Ahmad Ihwanul dan Imam Syafi’I. “Implementasi Budaya Religius Melalui Sistem Boarding School di Madrasah Aliyah Darus Shibyan Balung Kabupaten Jember”. JIER: Journal of Islamic Education Research, Vol. 2, No. 2 (December, 2021): 207-212. DOI: https://doi.org/10.35719/jier.v2i2.314

Najib, Muhammad Ainun. “Konsep dan Implementasi Pembinaan Religiusitas Siwa di SMA”. Jurnal Tawadhu, Vol. 2, No. 2 (2018): 556-571.

Nur'aini, Hanifa dan M. Rasyid Ridla, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga dan Religiusitas Terhadap Minat Muzakki Untuk Menyalurkan Zakat Profesi”. Jurnal Md, Vol. 1, No. 2 (Juli-Desember, 2015). DOI: https://doi.org/10.14421/jmd.2015.%25x

Observasi, Rojopolo, 14 januari 2023.

P. Su’udi (Kepala Sekolah), wawancara, Rojopolo, 14 januari 2023.

Sinta, Ajun Rahmadania, Junaedi Sitika dan Astuti Darmayanti, “Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, Vol. 5, No. 2 (2021).

Suryadi, Bambang dan Bahrul Hayat. 2021. Religiusitas Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Bibliosmia Karya Indonesia.

Suryani, Ira., Hasan Ma’tsum, Gumilang Wibowo, Ali Sabri, dan Rika Mahrisa. “Implementasi Akhlak Terhadap Keluarga, Tetangga dan Lingkungan”. Islam & Contemporary Issues, Vol. 1, No. 1 (January, 2021).

Tim Detikcom. “Saling Ejek, Tawuran Pelajar Dilumajang Berhasil Digagalkan”, detiknews, 3 Februari 2023. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-1412888/saling-ejek-tawuran-pelajar-di-lumajang-berhasil-digagalkan

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Lailatul Hasanah, & Satuyar Mufidz. (2023). Implikasi Pembacaan Kitab Sullam Taufiq Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa di MA Nurul Amin Rojopolo Lumajang. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(2), 195–213. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2942

Issue

Section

Articles