Landasan Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an dan Sunnah

Authors

  • Mokhammad Rokhim Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Sofian Hadi Noviyanto Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Mohammad Darwis Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Keywords:

Pendidikan Islam, Al-Qur’an, Sunnah

Abstract

Artikel ini hendak mengkaji pendidikan Islam menurut Al-Qur’an dan Sunnah Rosul. Dengan pendekatan kajian pustaka (library research). Hasil tulisan ini mengungkapkan bahwa keududukan al-Qu’an dan Hadist, merupakan rujukan utama dalam dunia pendidikan. Al-Qur’an memberikan sebuah pandangan yang mengarah terhadap kehidupan manusia, maka dari itu asas-asas yang menjadi dasarnya itu memberikan petunjuk terhadap pendidikan Islam. Sedangkan hadist merupakan sumber rujukan yang nomer dua setalah al-Qur’an, meskipun keduanya berperan sebagai rujukan utama dalam pendidikan Islam. Namun keduanya memiliki perbedaan. Sebab jika al-Qur’an sebagai rujukan utama yang bersifat global, yang tentunya membutuhkan penafsiran guna memahaminya. Sedangkan untuk hadist menjadi penguat serta penjelas pada seluruh problematika yang ada di dunia ini, baik yang terkandung dalam al-Qur’an maupun persoalan yang dihadapi oleh para kaum muslim terutama di dunia pendidikan, dengan cara menyampaikan pada mereka, serta memberikan praktek yang langsung dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tentu hal tersebut dapat dijadaikan sebagai landasan dalam pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuddin Nata. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. 1992. Tafsir Al-Maraghi, diterjemahkan oleh K. Anshori Umar Sitanggal. Semarang: Toha Putra.

Al-Munawwir, Muhammad. 2002. Mukhtar As-Sihah. Surabaya: Pustaka Progressif.

Al-Raghib, Al-Asfahani. 2004. Mu’jam Mufradat al-Fadz al-Quran. Beirut: Dar a-Fikr.

Al-Rasyidin, Nizar Samsul. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Arifin, M. 1997. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

Arifin, Muzayyin. 1991. Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Ar-razi, Abu Muhammad Abdurrahman bin Aby Hatim. Tafsir Ibn Aby Hatim, Jilid 10. Mesir: Daar an-Nasyr.

As-suyuthi, Abdurrahman bin Aby Bakr. 2003. Ad-dar al-Mantsur fi At-tafsir bi Al-Ma’tsur, Jilid 4. Mesir: Daar Hijr, 2003.

asy-Saibany, Muhammad al-Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Ath-Thobari, Abu Ja’far. 2000. Jami’ Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, Jilid 10. Mesir: Muassasah ar-Risalah.

Basya, Fahmi. 2014. Risalah Robbiku: One Milion Phenomeno. Jakarta: Zahira.

Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Darwinsyah. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra, 1995.

K.H.Q Shaleh, H.A.A. Dahlan, dkk. 2000. Asbabul Nuzul. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Langgulung, Hasan. 2004. Manusia dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologis Filsafat Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al Husna Baru.

Masyhuri, Muhammad. “Meninjau Kembali Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan di Sekolah”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1 (Februari, 2014): 29-41.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Harun. 1986. Akal dan Wahyu dalam Islam. Jakarta: UI Press.

Nasution, Harun. 1995. Filsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Nasution, S. 1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Purwanto, M. Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ridha, Muhammad Rasyid. 1373. Tafsir al-Manâr, Jilid I. Mesir: Dâr al-Manâr.

Shihab, M. Quraish. 1994. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Shihab, Muhammad Quraish. 2002. Tafsir al-Misbah, Jilid 8. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Siddiqi, M. Naeem. 2003. An Introduction to the Study of the Quran. Leicester: The Islamic Foundation.

Subroto, B. Suryo. 1990. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Umiarso dan Zamroni. 2011. Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Barat dan Timur. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yamin, Martinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi.

Yusuf, Kadar M. 2015. Tafsir Tarbawi: Pesanpesan Al-qur’an Tentang Pendidikan. Jakarta: AMZAH.

Zahroh, Aminatuz. “Manusia dalam Perspektif Alqur’an”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 1 (Februari, 2017): 79-93.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Mokhammad Rokhim, Sofian Hadi Noviyanto, & Mohammad Darwis. (2023). Landasan Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(2), 174–194. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2941

Issue

Section

Articles