Dinamika Pesantren, Madrasah dan Sekolah

Authors

  • Muzayyanah Sa’diyah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Ahmad Ihwanul Muttaqin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Keywords:

Dinamika, Pesantren, Madrasah, Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dinamika pesantren, madrasah, dan sekolah dalam sistem pendidikan Indonesia. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran masing-masing lembaga, mengidentifikasi tantangan, dan menjelajahi peluang dalam pendidikan modern. Penelitian ini berlandaskan konsep pendidikan umum dan agama, dengan mempertimbangkan budaya dan agama Indonesi serta membahas peran pesantren, madrasah, dan sekolah dalam sistem pendidikan nasional juga menjadi acuan. Penelitian ini menggambarkan kompleksitas dinamika ketiga lembaga dalam sistem pendidikan Indonesia. Mereka menghadapi tantangan modernisasi, globalisasi, teknologi informasi, dan perubahan sosial. Perbedaan dalam metode, kurikulum, dan orientasi pendidikan telah diidentifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman yang lebih baik tentang peran, tantangan, dan peluang pesantren, madrasah, dan sekolah dapat membantu merumuskan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan relevan. Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antarlembaga pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, penelitian ini juga mengakui keterbatasan dalam cakupan dan kedalaman analisis, mendorong penelitian lebih lanjut tentang aspek praktis pendidikan, seperti alokasi anggaran, pengembangan kurikulum, dan kesejahteraan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afista, Yeyen dan Abu Bakar, M. Yunus. “Islamic Boarding School-Based Madrasah: Policy Efforts to Reform the Superior Education Model”. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, Vol. 4, No. 2 (Desember, 2020): 199-209. DOI: https://doi.org/10.35723/ajie.v4i2.144

Arifin, M. Zainal. “The Traditionalism of The Islamic Boarding School Education System in the Era of Modernization”. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, Vol. 4, No. 1 (2022): 386-396. DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1367

El Syam, R.S., dan Haryanto, S. “Innovation of Islamic Education System in Pondok Boarding”. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), Vol. 5, No. 2 (2022). DOI: https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.4995

Hadi, A., Budianto, K., Otoman, Mikail, K. dan Syarifudin, A. “The Dynamics of Ideal, Social, and Economic Changes of Madrasas in Indonesia”. International Journal of Advanced Science and Technology, Vol. 29, No. 9 (2020): 1010-1020.

Hanafie, Wardah dan Halik, A. 2015. Konsep Pendidikan Islam: Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya. Padang: UNP Press.

Hidayat, R., dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: LPPP1.

Hidayat, R., Siswanto, A., dan Bangun, B.N. 2017. Dinamika Perkembangan Kurikulum Di Indonesia; Rentjana Pembelajaran 1947 Hingga Kurikulum 2013. Medan: Penerbit Labsos.

Kosim, M., Muqoddam, F., Mubarok, F., dan Laila, N.M. “The dynamics of Islamic education policies in Indonesia”. Cogent Education, Vol. 10, No. 1 (2023): 1-15. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2172930

Masyhuri, Muhammad. “Mempertemukan Tradisi dan Modernitas dalam Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1 (Februari, 2015): 1-12.

Muttaqin, Ahmad Ihwanul. “Modernisasi Pesantren; Upaya Rekonstruksi Pendidikan Islam (Studi Komparasi Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid)”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2 (Agustus, 2014): 66-98.

Neliwati, Saripuddin B.M., Cibro, A.N., Kaloko, B., dan Syafnial. “Dynamics of Islamic Education Institution Development Program in Facing the Era of Globalization Studies”. Journal of Education and Technology, Vol. 6, No. 3 (Maret, 2023): 674-682. DOI: https://doi.org/10.29062/edu.v6i3.464

Noor Rani, A., Ardiansyah, A., Nurhakim, N., dan Faridi, F. “Dynamics of Islamic Educational Institutions In Indonesia: Boarding Schools and Madrasah”. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, Vol. 12, No. 01 (Juli, 2023). DOI: https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6376

Qomariyah, N., dan Darwis, M. “Peran Pondok Pesantren Salaf di Era Society 5.0”. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, Vol. 3, No. 2 (Juli, 2023): 220-234. DOI: https://doi.org/10.54471/rjps.v3i2.2528

Sadali, Usman, S., Damopoli, M., dan Ahcruh, A. “Dynamics of Modernizing the Curriculum in Boarding Schools (A Study of Modern Islamic Boarding Schools in Bone Regency)”. Proceedings of the 1ST International Conference on Science and Islamic Studies, Vol. 1 (2023).

Saihu, Made. 2020. Manajemen Berbasis Madrasah Sekolah dan Pesantren. Tangerang Selatan: Perpustakaan Nasional RI, Katalog Dalam Terbitan.

Salam, R. “Pendidikan di Pesantren dan Madrasah”. IQRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Pendidikan di Pesantren dan Madrasah, Vol. 1, No. 9 (2019).

Steenbrink, Karel A. 1994. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Supaat dan Inami, Moh. “The Dinamics of Islamic Education at Ngruki Islamic Boarding School”. International Journal of Social Science and Human Research, Vol. 6, No. 6 (Juni, 2023).

Zahroh, Aminatuz. “Kepemimpinan Pesantren dan Perubahan Sosial”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 2 (Agustus, 2019): 151-165.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Muzayyanah Sa’diyah, & Ahmad Ihwanul Muttaqin. (2023). Dinamika Pesantren, Madrasah dan Sekolah. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(2), 143–161. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2939

Issue

Section

Articles