Analisis Kurikulum dan Sistem Pembelajaran di Pesantren

Authors

  • Kristin Afriani Yudowati Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Aminatuz Zahroh Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Keywords:

Kurikulum, Sistem Pembelajaran, Pesantren

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang kurikulum dan sistem pembelajaran yang terdapat pada lembaga pendidikan pesantren. Perkembangan serta pembaruan kurikulum serta sistem pembelajaran di pesantren merupakan suatu landasan untuk menjawab semua problematika yang terjadi di masyarakat saat ini. Selain itu, landasan pengembangan kurikulum juga mengacu pada sistem pendidikan yang telah di kembangkan oleh salah satu tokoh ulama yakni KH. Abdul Wahid Hasyim. Dimana paradigma pendidikan dalam tradisi pesantren memiliki keniscayaan untuk menguatkan multikultural demi membangun kualitas pendidikan yang lebih menjajikan. Adapun paradigma yang dijelaskan adalah paradigma teorsentris ke anthroposentris, paradigma dikotomi menuju non-dikotomi, dan paradigma teoretis ke praktis. Begitupun dengan model pembelajaran dan metode yang digunakan kegiatan pembelajaran di pesantren (terutama pada pesantren salaf), dimana pesantren tentu akan sering menggunakan metode pembelajaran yakni salah satunya adalah sorogan dan bondongan, hal ini dapat diyakini bahwa tugas setiap peserta didik adalah menyimak, menghafal, dan menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaturida. 2001. Sistem Pengelolaan Pondok Pesantren. Yogyakarta: UNY.

Cole, Ardra L. dan J. Gary Knowles, “Shattered images: Understanding expectations and realities of field experiences”, Teaching and Teacher Education, Vol 9, No. 5–6 (Oktober-Desember, 1993). https://doi.org/10.1016/0742-051X(93)90030-K

Fahham, A. Muchaddam. “Standardisasi Kurikulum Pesantren”, Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, Vol. IX, No. 5 (Maret, 2017).

Ghofur, Abdul dan Syuhud. “Perubahan Paradigma Pendidikan di Pesantren: Rekontekstualisasi Pendidikan Islam di Era Kontemporer”, Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, Vol. 3, No. 2 (Juli, 2023): 207-222.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Ilham, Darul dan Suyatno, “Pengembangan Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran di Pondok Pesantren”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 8, No. 2 (September, 2020).

Langgulung, Hasan. 2002. Pendidikan Islam dalam Abad ke 21. Jakarta: Alhusn.

Lubis, Maesaroh. 2018. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Masyhuri, Muhammad. “Mempertemukan Tradisi dan Modernitas dalam Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1 (Februari, 2015): 1-12.

Muttaqin, Ahmad Ihwanul. “Modernisasi Pesantren; Upaya Rekonstruksi Pendidikan Islam (Studi Komparasi Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid). Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2 (Agustus, 2014): 66-98.

Pamphilon. 2000. Membalikkan Ikan dari Air: Peran Pendidikan dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Bangkok: Universitas Chulalongkorn.

Schin, Edgar H. 1983. Organizational culture: A dynamic model. United State: Massachusetts Institute of Technolog.

Takdir, Mohammad. 2018. Modernisasi Kurikulum Pesantren. Yogyakarta: IRCiSoD.

Wahid, Abdurahman. 2001. Menggerakkan Tradisi. Yogyakarta: LKS.

Yasmadi. 2002. Modernisasi Pesantren, Kritik Nur Cholis Madjid terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputan Press.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Kristin Afriani Yudowati, & Aminatuz Zahroh. (2023). Analisis Kurikulum dan Sistem Pembelajaran di Pesantren. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(2), 103–119. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2937

Issue

Section

Articles