Kedudukan Pendidikan Islam dalam UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Authors

  • Qonita Gita Praha Zulham Akhmad Pascasarjana Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Dede Husni Mubarok Institut Agama Islam Darussalam Ciamis, Indonesia

Keywords:

Kedudukan, Pendidikan Islam, UU Sisdiknas

Abstract

Pendidikan Islam didefinisikan sebagai peran transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri anak didik melalui penumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam berbagai aspek. Ditinjau dari segi historis, Pendidikan islam selalu dihadapkan dengan berbagai problem dsn kesenjangan seperti dikotomi Pendidikan, kurikulum, sumber daya dan manajemen Pendidikan Islam. Dalam penjelasan pasal 15 UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 menyebutkan bahwasannya pendidikan keagamaan merupakan sebuah pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama atau menjadi ahli ilmu agama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Ihwanul Muttaqin, Zahrotul Wardah, and Imam Syafi’i. “Formation of Learning Motivation in Islamic Religious Education Through Ceramah Plus Method and Spiritual Activities”. Journal of Islamic Education Research 4, no. 2 (August 15, 2023): 177–192. https://jier.uinkhas.ac.id/index.php/jier/article/view/340.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)

Dhofier, Zamakhsyari. 1994. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia Jakarta: LP3ES

Hasbullah. 1995. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Lintas Sejarah Pertumbuhan & Perkembangan, Jakarta: Rajawali Press

Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. 4

Ibrahim, M, et.al. 1991. Sejarah Daerah Provinsi Daerah Istimewa Aceh, Jakarta: CV. Tumaritis, cet 2

Ismail, Politik Pendidikan Islam Orde Lama 1945-1965 (Studi Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Islam), Jurnal Kabilah: Journal of Social Community 1, no. 1 (June 2016)

Jannah, Fathul. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Dinamika Ilmu

Muttaqin, Ahmad Ihwanul. “Modernisasi Pesantren; Upaya Rekonstruksi Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2 (August 15, 2014): 66–98. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/55.

Nursyarief, Aisyah. “Pendidikan Islam Di Indonesia Dalam Lintas Sejarah (Perspektif Kerajaan Islam),” Jurnal Lentera Pendidikan 17, no. 2 (Desember 2014)

Suwendi. 2004. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Syuhud, S. (2019). Sekolah Unggulan Tuntutan Pendidikan Global. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 16–34. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.359

Umar, Bukhari. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Sinar Grafika Offset

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuhairini dkk. 1986. Sejarah Pendidikan Islam, Proyek Pembinaan Sarana dan Prasarana Perguruan Tinggi Agama, Jakarta

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Zulham Akhmad, Q. G. P., & Mubarok, D. H. (2023). Kedudukan Pendidikan Islam dalam UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(1), 81–93. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2606

Issue

Section

Articles