Peran Pesantren dalam Moderasi Beragama

Authors

  • Ach. Noer Sholeh Pascasarjana Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Abdul Fatahillah Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang, Indonesia

Keywords:

Pesantren, Moderasi Beragama

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui peran Pondok Pesantren dalam keputusan pemerintah tentang konflik pembangunan gereja di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pesantren merupakan tempat Pendidikan, yang berperan aktif untuk memberikan sumbangsih pemikirannya, hal ini dibuktikan dengan adanya pengambilan pendapat tentang pembangunan gereja. Meskipun dari hasil bahsul masail sepakat menghukumi haram, akan tetapi ada satu argument yang diambil dari salah satu kiyai konteporer yang membolehkan kelanjutan pembangunan gereja. Wujud dari moderasi beragama di Indonesia adalah pembangunan tempat-tempat ibadah, hal ini harus disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku. Jalan tengah yang diambil oleh pemerintah adalah tetap melanjutkan pembangunan gereja, dengan memindah tempat pembangunan, dan dibangun juga masjid ghoiru jami yang berdampingan dengan gereja tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Djaelani Timur, 1982, Peningkatan Mutu Pendidikan Pembangunan Perguruan Agama, Jakarta, Dermaga

A Steenbrink Karel, 1994, Pesantren madrasah sekolah. Jakarta: LP3ES.

Azizy Abdillah Qodri, 2002, Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamaluddin dan Aly Abdullah, 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung, Pustaka Setia.

Fitriyana Aidul Pipit, 2020, DKK, Dinamika Moderasi Beragama di Indonesia, Litbangdiklat Press.

Hasbullah, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Idris, Haidar, and Ahmad Ihwanul Muttaqin. “Rekonstruksi Spirit Harmoni Agama di Daerah Rawan Konflik Dengan Pendekatan Participatory Action Research”. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (May 15, 2022): 150–167. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/1707.

Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-bilik Pesantren, Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta, Paramadina.

Qustulani Muhamad, DKK, 2019, Moderasi Beragama: Jihad Ulama Menyematkan Umat dan Negeri dari

Bahaya Hoax, PSP Nusantara Tangerang Jl. Perintis Kemerdekan 2 Cikokol Tangerang.

Rahim Husni, 2001, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, PT. Logos Wacana Ilmu.

Sukmadinata Syaodih Nana, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset).

Syuhud, dan Wiwin Sugianto. “Konsep Profesionalitas Guru Perspektif Masyarakat Pesantren Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Lumajang”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2 (August 15, 2018): 149–172. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/335.

Aprezo Pardodi Maba, Anugrah Intan Cahyani, and Mispani, “Barokah Kyai Dan Kebahagiaan Santri Milenial,” Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam 1, no. 1 (2021).

Cipto Handoko, Nurul Fadilah, “Eksistensi Pondok Pesantren dalam Penguatan Moderasi Beragama”, TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM, Volume 2, No. 1 (2022), p. 54-62. http://journal.kopertais15.or.id/index.php/tafahus

Elita Sartika, Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral Dalam Film Berjudul “Kita Versus Korupsi”, eJournal lmu Komunikasi, 2014, 2 (2): 63-77, Hal 68, ISSN 0000-0000, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Mohamad Fahri and Ahmad Zainuri, “Moderasi Beragama Di Indonesia,” Jurnal Intizar 25, no. 2 (2019): 95–100, https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640

Uswatun Hasanah and Ida Faridatul Hasanah, “Internalisasi Pemahaman Moderasi Multikultural Dalam Pendidikan Islam Masa New Normal,” Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 12, no. 1 (2021): 32–50.

Cipto Handoko, Nurul Fadilah, “Eksistensi Pondok Pesantren dalam Penguatan Moderasi Beragama”, TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM, Volume 2, No. 1 (2022), p. 54-62. http://journal.kopertais15.or.id/index.php/tafahus

Hafizh Idri Purbajati, “Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah,” ejournal.inaifas.ac.id 11, no. September (2020): 182, http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/569.

Zulhimma, “Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia,” Jurnal Darul ’Ilmi 11, no. 2 (2013).

Peraturan Bersama Menteri Agama Dan Menteri Dalam Negeri Nomor: 9 Tahun 2006, Nomor: 8 Tahun 2006, Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, Dan Pendirian Rumah Ibadat

https://tafsirweb.com/1242-surat-ali-imran-ayat-110.html

https://www.ngopibareng.id/read/ditolak-oknum-bupati-lumajang-bangun-gereja-di-samping-masjid

https://mataraman.tribunnews.com/2023/04/05/soal-pembangunan-gereja-di-lumajang-bupati-thoriqul-haq-siap-hadapi-kelompok-yang-menolak

https://nu-lumajang.or.id/polemik-pembangunan-gereja-di-lumajang-inilah-jawaban-kiai-afifuddin-muhajir/

https://youtu.be/yf4lyPxmXKk

https://youtu.be/59q5GagkXFY

https://youtu.be/8-140T8D540

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Sholeh, A. N., & Fatahillah, A. (2023). Peran Pesantren dalam Moderasi Beragama. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(1), 34–56. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2604

Issue

Section

Articles