Menelusuri Jejak Madrasah di India

Authors

  • Emha Ainul Fitriah Pascasarjana Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Ifa Kristiani Madrasah Aliyah As Shofa Jember, Indonesia

Keywords:

Madrasah, India

Abstract

India adalah negara mayoritas beragama Hindu, selebihnya masyarakat India menganut agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Budha, Sikh, Jainisme, dan Yahudi. Akan tetapi Islam juga sebagai populasi terbesar bagi muslim minoritas. Umat islam di India melatarbelakangi peradaban di India. Oleh karena itu artikel ini bertujuan untuk menelusuri madrasah yang ada di India. Artikel ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Kesimpulan artikel ini adalah mengungkapkan bahwa penyebaran agama islam di India dimulai dari wilayah Sindh dan Punjab selanjutnya ke wilayah yang lebih luas yaitu anak benua India. Awal adanya pendidikan di mulai dari masjid-msjid yang dijadikan madrasah dan berfungsi sebagai pusat pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dr. Muhammad Abdul Azhim Abu An-Nashr. 2019. Sejarah Muslim India. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Darajat, Zakiah. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

M. Ali Kettani. 2005. Minoritas Muslim di Dunia Dewasa Ini. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa. Prof. Dr.

Sandi Nur Rohman. 2017. Dinasti Mughal: Menelusuri Jejak Peradaban Islam di Tanah Hindustan. Yogyakarta: Diandra Kreatif Publishing.

Rizem Aizid. 2021. Sejarah Peradaban Islam Terlengkap: Periode Klasik, Pertengahan, dan Modern. Yogyakarta: Diva Press.

Abdurrahman, Dudung. 2002. Sejarah Peradaban Islam dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Lesfi.

Daulay, Haidar Putra dan Nurgaya Pasa. 2013. Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Fitriah, E. A., & Kristiani, I. (2023). Menelusuri Jejak Madrasah di India. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2602

Issue

Section

Articles