Sabdaaji: Kait Spiritual, Dakwah Budaya dan Tata Krama
Keywords:
Sabdaaji, Budaya Phandalungan Jawa, Spiritual, Tata KramaAbstract
Pelestarian nilai kearifan lokal dan budaya menjadi salah satu wujud dan upaya dalam pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai spiritual dapat diwujudkan melalui bacaan macapat, yang kaya akan nasihat, adab, mengandung nilai keagamaan dan nasionalisme, kedamaian batin serta kearifan lokal. Sabdaaji didirikan untuk membentuk karakter, mentalitas dan melestarikan kearifan lokal berdasarkan kebenaran dan keindahan sebagaimana diajarkan dalam nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sabdaaji sebagai media penghubung pendidikan spiritual dan karakter. Penelitian ini jenis kulaittaif dengan bentuk studi kasus dengan pendekatan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sabdaaji memberikan dampak positif terhadap penguatan nilai-nilai spiritual dan proses pembentukan karakter yang berdampak pada kelembutan sikap, istiqomah, ketenangan, serta peningkatan nilai-nilai kebangsaan dalam kerangka kearifan lokal bagi pengikut sabda aji ; 2) Sabdaaji menjadi media dakwah budaya atau kultural dalam menanamkan budi pekerti, menyampaikan tentang akhlak dan moralitas, melestarikan kekayaan budaya di Lumajang sebagai daerah Pandalungan melalui nasihat-nasihat, tata cara kegiatan, tutur kata serta seni tradisional gamelan yang diajarkan walisongo.
Downloads
References
Dharmo S.2018.Sabdaaji Memayu Hayuning Budaya Nagri.Lumajang.Dirgantara press Batanghari.
Fauzi, Anis. 2016.Implementasi Pendidikan Karakter. Lentera Pendidikan, Vol. 19 No. 2 Desember 2016.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hamid Patilima. .2004Metode penelitian kualitatif.(Bandung:alfabeta
Judiani, Sri. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di SD Melalui Penguatan Pendalaman Kurikulum. dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Oktober 2010.Vol. 16, Edisi Khusus III.
Kementerian Pendidikan Nasional, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter; Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Lexi,J.Meloeng. 2006.Metdologi Penelitian Kualitatif.Bandung:Remaja Rosdakarya.
Listyarti, Retno. 2012. Pendikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga.
Mulyanto, Endang Siti Rahayu, Kusnandar, & Syarif Imam Hidayat. (2021). Profil Pembelajaran Budaya Petani Miskin Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Pandalungan . Jurnal Lemhannas RI, 9(2), 101-112. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i2.394
Mulyasa, E. 2013. Manajememen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ninik Haryati dkk.(2017). Pandhalungan dan Kearifan Lokal. Kemendikbud RI.BPKW press
Naim, Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Putra Daulay, Haidar. 2007. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Rosyidi, A.W. 2012. Doa dalam Tradisi Islam Jawa. El-Harakah. https://doi. org/10.18860/el.v0i0.2199
Sartini.Ethical Implication of God Concept In Javanese Prayers. Jurnal Masyarakat dan Budaya, Volume 23 No. 2 Tahun 2021 journal homepage: https://jmb.lipi.go.id/jmb
Sugiyono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Alfabeta.
Suyatno, S. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Sebagai Identitas Bangsa di Tengah Perubahan Nilai Sosiokultural (Local Revitalization as a National Identity in the Midst of Change Socio-cultural Values). METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 4(1)
Tsauri Sofyan.2015.Pendidikan Karakter.IAIN Jember Press .
Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Undang-undang RI Nomor 05 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.38.
Zusnani, Ida. 2012Managemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta Selatan: Tugu Publiser.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zainul Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam DAKWATUNA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di DAKWATUNAÂ bersifat akademik. DAKWATUNAÂ tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalahgunaan informasi dari situs ini.