Edukasi Dakwah Berbasis Teknologi Perspektif Psikologi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v10i1.2924Keywords:
Edukasi Dakwah, Teknologi, Psikologi PendidikanAbstract
Edukasi dakwah berbasis teknologi menjadi topik penting dalam konteks pendidikan di era digital, khususnya di PP. Assyarify Lumajang. Pendekatan ini melibatkan penggunaan teknologi dalam upaya menyebarkan pesan-pesan dakwah dan nilai-nilai keagamaan kepada para siswa. Perspektif psikologi pendidikan memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana proses pembelajaran dakwah berbasis teknologi dapat memengaruhi perkembangan siswa, baik dari segi kognitif, emosional, maupun sosial. Melalui penelusuran literatur, diskusi konseptual, dan analisis data, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana digitalisasi dakwah di PP. Assyarify Lumajang, dilihat dari perspektif psikologi pendidikan, memengaruhi proses pembelajaran, interaksi sosial, dan perkembangan siswa secara holistik. Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang dampak positif dan tantangan yang dihadapi dalam mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan dakwah, serta memberikan arahan untuk pengembangan lebih lanjut dalam meningkatkan efektivitas edukasi dakwah di masa depan.
Downloads
References
Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Di masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 121–127. Tersedia pada https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5498
Afandi, M., & Abdullah, A. (2019). Pengunaan Kartun Editorial oleh Poliklitik.com sebagai Bentuk Praktik Jurnalisme Alternatif. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1. https://doi.org/10.24198/jkj.v1i2.21338
Aqillah, MA. Da’wah ecology in digital space: a study of tiktok content pandawara group account. Tatho: International Journal of Islamic Thought and Sciences. Volume 1, Issue 1, February 2024, pp. 27-38
Assawqi, H. (2021). Pendidikan Akhlaqul Karimah Perspektif Ilmu Tasawwuf. Penerbit Adab.
Estuningtyas, Retna Dwi. (2021). Strategi Komunikasi dan Dakwah Pada Kalangan Milenial di Era Modernisasi. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 2(1), 75–86. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.05
Fahim, Abdullah, & Pujianto, Wahyu Eko. (2024). Analisis Peran Komunikasi Oraganisasi IPNU-IPPNU Ranting Jambangan Candi Sidoarjo Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi. Journal of Science and Education Research, 3(1), 7–12.
Faiz, Ahmad, & Masyhudi, Fauza. (2023). Studi Kritis Peran Ormas Islam Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Pada Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Dan Perti. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 515–525.
Gantira, Erlan, Ningsih, Widia, & Muna, Anel Nailul. (2023). The Role of Television Media in Shaping People’s Perceptions of Religion. Journal Transnational Universal Studies, 1(10), 912–918. https://doi.org/10.58631/jtus.v1i10.66
Istiqomah, F & Subahri, B. Konseling Abangan Perspektif Psikoterapi Islam. Konseling Abangan Perspektif Psikoterapi Islam. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies. Vol. 2 Issue. 1, January 2022: Islamic Studies. ISSN: 2809-2902 (printed), 2809-283X (online)
Kurniawan, A & Fadilah, N. Digital Influence: A Review of Husain Basyaiban's Da'wah Through the TikTok Platform. SSN 2656-8209 | pISSN 2656-1565 Jurnal Mediakita. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 8, No. 1 (2024) pp. 39-52 http://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/mediakita
Lestari, P. Puji. (2020). Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 21(1), 41–58.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Megarani, Carina et.al. (2018). Kumpulan Ulasan Politik, Ekonomi, dan Gaya Hidup Era Digital. Jombang: CFDS.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Ningsih, W et al. Communication contribution of ipnu organization gebang kec. Cirebon district in the development of da'wah.Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, Vol. 5, No. 2, February 2024. p–ISSN: 2723 - 6609 e-ISSN: 2745-5254
Ningsih, Widia, Rokibullah, Rokibullah, & Muna, Anel Nailul. (2023). Analysis Of Habib Jafar’s Da’wah Message In Login Program At YouTube Chanel Deddy Corbuzier. Journal Transnational Universal Studies, 1(3), 133–140. https://doi.org/10.58631/jtus.v1i3.29
Nuha, AAU & Subahri, B. Deotoritasi Guru di Era New Media. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, Vol. 03 No. 02 Oktober 2020.
Rachman, R.F et al. Penyuluhan Bermedia Sosial yang Baik di Pondok Pesantren Ibnu Fathullah. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Nusantara. VOL. 1 NO. 1 (2022): Marc.
Rahmawati, E & Rohmah, NN. Pengenalan Dakwah Digital Melalui Siaran Podcast Program Ngaji Yuk Di Chanel Youtube Kaum Podcast Kepada Majelis Taklim Baiturrahman Pesona Banyu Asri. El-Khidmat; Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1, No. 1, februari 2024/17-22
Salehudin, H. et al. (Desire To Behave to the Acceptance of Digital Da’wah Content Among Muslim Netizens. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities. (MJSSH) (e-ISSN : 2504-8562). 2024, Volume 9, Issue 1, e002660. DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v9i1.2660
Simarmata, J., Sari, D. C., Purba, D. W., Mufarizuddin, & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Trasnformasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Subahri. B. E-Learning dan Metode Pengajaran pada Masa Pandemi (Studi Fenomenologi ditinjau dari Perspektif Psikologi Pendidikan). Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Page : 93 -108. Vol. 04 No. 01 April 2021. e-ISSN/p-ISSN : 27150232 / 26212153.
Puspito, ID. Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial. Al-Qaul : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 3 No 1, 2024.
Tim Peneliti Pendidikan Agama dan Keagamaan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta. (2019). Panduan Penyelenggaraan Madrasah Digital. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia Badan Litbang dan Diklat Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.
Wahyuningsih,LN & Rachman, RF. Communication of Caregivers and Santri at Islamic Boarding Schools in a Gender Perspective: Komunikasi Pengasuh dan Santri di Pondok Pesantren dalam Perspektif Gender. Original Research Published: September 1, 2020 doi: 10.21070/kanal.v9i1.628
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bambang Subahri, Mokhammad Khosim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam DAKWATUNA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di DAKWATUNAÂ bersifat akademik. DAKWATUNAÂ tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalahgunaan informasi dari situs ini.