Studi Pragmastilistik Variasi Gaya Bahasa Judul Video Berkonten Dakwah Islam di YouTube

Authors

  • Atiq M. Romdlon Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Murni Fidiyanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Abu Fanani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Zudan Rosyidi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v10i1.2845

Keywords:

Pragmastilistik, Gaya Bahasa, Konten Islam, Dakwah, YouTube

Abstract

Penelitian ini mengkaji struktur internal, ekternal dan unsur kebahasaan dari judul konten video YouTube. Struktur internal bahasa tersebut adalah struktur teks dari judul video dan struktur eksternal kebahasaannya mencakup konteks dari video tersebut. Sementara untuk unsur kebahasaan yang lain  adalah gaya bahasa yang digunakan dalam judul video berkonten Islam dalam YouTube. Penelitian ini menjadikan judul video di YouTube dengan konten Islami sebagai  fokus penelitian. Data diambil dari dua channel YouTube, yaitu “Cinta Quran TV”dan “Islam Populer” dengan tema Ramadlan. Hasil penelitian ini terdiri dari dua macam. Pertama, ada tiga gaya bahasa yang digunakan oleh narator, ada afirmasi, komparasi dan sindiran. Dari ketiga gaya bahasa tersebut, afirmasi adalah yang paling sering digunakan dalam penelitian ini. Sementara, kontradiksi tidak pernah digunakan. Kedua, tindak tutur yang ditemukan dalam penelitian ini adalah asertif, direktif dan ekspresif. Berdasarkan jenis-jenis itu, asersif adalah yang paling sering digunakan pada judul video Islami di YouTube. Sementara, komisi dan deklaratif tidak pernah digunakan. Gaya bahasa atau tindak tutur yang digunakan pada judul video Islami di YouTube tidak dapat dipisahkan dari konteksnya. Konteks dari judul video menunjukkan bahwa pembicara mengatakan langsung kepada audiens melalui media massa yaitu YouTube. Tujuan dari pembicara adalah audiens percaya dengan ucapannya kemudian melakukan sesuatu berdasarkan apa yang dikatakan pembicara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adami, E. (2009). ‘We/YouTube’: exploring sign-making in video-interaction. Visual Communication, 8(4), 379-399.

Agazio, J. & Buckley, K. (2009). An untapped resource: using YouTube in nursing education. Nurse Educ. 2009 Jan-Feb;34(1):23-8. .

Aminuddin. 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh Malang.

Anarbaeva, S., M. (2016). YouTubing difference: performing identity in video communities. Journal Virtual Worlds Res. 9 (2)

Anthony, L. (2001). Characteristic features of research article titles in computer science. IEEE Transactions of Professional Communication

Ayemoni, M. O. (2005). Pragma-stylistic analysis of major general J. Taguiyi ironsi’s maiden speech. Awka Journal of Linguistics and Languages, 1, 1-9.

Ayodabo, J. O. (1997). A pragma-stylistic study of M.K.O. in A. Lawal (Ed), Stylistics in Theory and Practice. Ilorin: Paragon Books.

Biacchi, A. (2003). Relation complexity of titles and texts: A semiotic taxonomy. In Merlini Barbaresi, L. (ed.) Complexity in Language and Text. Italia: PLUS.

Black, E. (2016). Stilistika Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaer, A. (1995). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2004). Sosiolinguistik : Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Cummings, L. (2007). Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Haggan, M. (2004). Research paper titles in literature, linguistics and science: dimensions of attractions. The Journal of Pragmatics 36(2), 293-317

Hartley, J. (2005). To attract or to inform: What are titles for? Journal of Technical Writing and Communication 35 (2), 203-213

Hartley, J. (2007). Planning that title: Practices and preferences for titles with colons in academic article. Library and Information Science Research 29(4), 553-568

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia.

Kridalaksana, H. (2011). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Leech, G. (2011). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Levinson, S., C. (2005) Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Miles, M., B., & Huberman, M. 2009. Analisis Data Kualitatif.Jakarta: UI Press.

Moleong, J., L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, J. (2013). Tuturan Hipnoterapi dalam Bahasa Indonesia: Suatu Kajian Pragmastilistik. Bandung: Tesis Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.

Nurdin, A., Maryani, Y., & Mumu. (2004). Intisari Bahasa dan Sastr Indonesia untuk SMU. Bandung: Pustaka Setia.

Rahardi, K., R. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Soler, V. (2007). Writing titles in science: an exploratory study. English for Specific Purposes

Soler, V. (2011). Comparative and contrastive observations on scientific titles in written English and Spanish. English for Specific Purposes

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles