Media Sosial Sebagai Strategi Baru Dalam Dakwah Islam: Studi Analisis Pada Platform “Belajariah”
DOI:
https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v9i1.2109Keywords:
Dakwah, Media Sosial, PlatformAbstract
Platform ‘Belajariah’ merupakan salah satu aplikasi yang bergerak dalam bidang dakwah pembelajaran agama Islam online. Munculnya Platform ‘Belajariah’ tidak lepas dari tren dakwah dalam media sosial sebagai sarana baru. Uniknya, Platform ‘Belajariah’ bukan hanya sekedar aplikasi yang membagikan pembelaran agama saja, namun juga menyediakan kelas kursus online. Kajian ini ini dimaksudkan untuk menganalisis aktivitas dakwah dalam Platform ‘Belajariah’. Maka, pertanyaan utama yang ingin dijawab pada kajian ini adalah: “Bagaimana aktivitas pembelajaran pada Platform ‘Belajariah’ dan implikasinya terhadap perkembangan dakwah Islam?. Kajian ini merupakan kajian kualitatif dengan penelitan normatif atau kajian kepustakaan (library research). Hasilnya, kajian ini menunjukkan bahwa aktivitas dakwah Platform ‘Belajariah’ diklasifikasikan dalam lima tema pembelajaran, yakni kelas tahsin, iqra’, dirosa, tahfidz, dan tilawah. Kursus online yang ditawarkan dibimbing langsung oleh guru-guru yang profesional. Hadirnya Platform ‘Belajariah’ menjadikan dakwah lebih efektif dan efisien untuk menyebarluaskan dan mengajarkan ilmu agama Islam. Besarnya antusiasme pengguna platform ‘Belajariah’ dalam mengikuti kelas kursus online menunjukkan bahwa eksistensi platform ini menjadi alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam belajar Agama.
Downloads
References
A’yuni, Q. (2019). Membumikan Dakwah Berbasis Komunikasi Profetik Di Era Media Baru. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 2(2), 293–304. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v2i2.29
Abbas. (n.d.). Dakwah dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Nashihah, 1(1), 13–23.
Alhidayatillah, N. (2017). Dakwah dinamis di era modern. Jurnal Pemikiran Islam, 41(2), 265–276.
Aplikasi “Belajariah.” (n.d.).
Arafat, N., & Zen, M. (2019). Difusi Inovasi Penggunaan Aplikasi Dakwah: Studi Fenomenologi pada Pengguna Aplikasi Yaumi di Pesantren Luhur Sabilussalam Ciputat. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, 23(2), 36–47. https://doi.org/10.15408/dakwah.v23i2.13936
Baried, S. B. (2013). Pengantar Teori. 2010.
Bukhori, B. (2014). Dakwah Melalui Bimbingan dan Konseling Islam. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 1–18.
Deslima, Y. D. (2021). Dakwah Kultural di Provinsi Lampung (Filosofi Dakwah pada Makna Lambang Siger). Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v7i2.954
Dewi, N. K., Irawan, B. H., Fitry, E., & Putra, A. S. (2021). Konsep Aplikasi E-Dakwah Untuk Generasi Milenial Jakarta. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 5(2), 26–33.
Fredi. (n.d.). wawancara.
Hardian, N. (2018). Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 42–52. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.92
Hilmi, M. (2022). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Pendidikan dan Dakwah dalam Mempertahankan Eksistensi di Kota Semarang. Jurnal Dakwah Dan Komuniikasi Islam, 8(2), 127–145.
https://dataindonesia.id/ragam/detail/. (n.d.).
https://iiq.ac.id/berita/hasil-riset-angka-buta-aksara-al-quran-di-indonesia-tinggi-sebegini/. (n.d.).
Isnaini, M., & Fauzi, A. (2022). Islamic Boarding School Marketing Communication and Da’wah Through Tik-Tok. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 8(2).
Jauhari, M. (2021). Aktivisme Dakwah Siber Di Tengah Konvergensi Media Digital. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 7(2), 213. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v7i2.1138
Marwantika, A. I. (2021). TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA : Sistematic Literature Review. Fculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah Iain Ponorogo, 1(01). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v7i01.364
Munfaridah, T. (2013). Strategi Pengembangan Dakwah Kontemporer. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 2(2), 79–92. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/amk/article/view/38/55
Mustofa, M. B., Fauzi, M., Hidayat, R., & Wuryan, S. (2022). Islam Dan Masyarakat Pluralistik Indonesia Dalam Perspektif Dakwah. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 8(2), 155. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v8i2.1689
Parhan, M., Riezky, P. A., Alifa, S., & Riezky Sarah Alifa, P. (2020). Analisis Metode Baru Dakwah Hanan Attaki Di Era Konvergensi. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10, 175–196. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
Prabowo, N. A., Hendradi, P., & Pujiarto, B. (2019). Kerangka Model Aplikasi E-Dakwah Pengembangan Kaderisasi Pada Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Magelang. Indonesian Journal on Networking and Security, 8(3), 1–8.
Purwanto, H., & Nuha, A. A. (2020). Post Dakwah di Era Cyber Culture. DAKWATUNA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 6(2), 1–28.
Raihan, A. S., & Nordin, M. N. (2019). Kajian Keberkesanan Aplikasi Whatsapp Sebagai Medium Dakwah Dalam Kalangan Remaja the Study of Effectiveness Regarding Whatsapp As a Medium of Dakwah Among Teenagers. Jurnal ‘Ulwan, 4, 67–85.
Rina, N., Supratman, L. P., & Astuti, S. W. (2022). PEMBELAJARAN APLIKASI KONTEN DIGITAL DAKWAH PADA AKUN YOUTUBE HABIM TV. Pengabdian Masyarakat, 5(2), 55–59.
Ritonga, M. (2019). Komunikasi Dakwah Zaman Milenial. Juranal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 3(1), 60–77.
Rubawati, E. (2018). Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 126–142. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.510
Rustandi, R. (2020). Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1678
Wafda, I. K. (2020). E-Dakwah melalui Media Virtual Di tengah Social Distance. Jurnal Prodi Teknik Informatika UNW “Multimatrix,” 2(2), 40–45. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/mm/article/view/559
Walian, A. (2019). Pengembangan Media Dakwah Kontemporer Berbasis Website : Studi Kasus pada WWW . Assajidin . Com Anang Walian. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 3(1), 1–21.
Zaeni, H., Mukmin, H., Syahril, S., Yanti, F., & Aswadi, A. (2020). Dakwah Pemberdayaan Umat Perspektif Al-Qur`an. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 95–110. https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.3276
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maulana Achmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam DAKWATUNA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di DAKWATUNAÂ bersifat akademik. DAKWATUNAÂ tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalahgunaan informasi dari situs ini.