DOMESTIKASI MEDIA SOSIAL DALAM AKTIVITAS DAKWAH DI KALANGAN MILLENIAL

  • Zahrotul Farodis Diana IAIN Jember

Abstract

Trend dakwah yang selalu berubah secara dinamis menimbulkan banyak metode dan trategi baru dalam menyampaikannya, utamanya di kalangan pemuda-pemudia yang lumrah disebut dengan generasi millenial. Populasi generasi millenial yang semakin pesat menuntut para pendakwah untuk berinovasi, salah satunya oembaruan media dakwah. Studi ini mendeskripsikan proses domestikasi media sosial dalam dakwah di kalangan millenial. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan sebuah temuan bahwa kecenderungan para millenial yang menggemari gadet dan media sosial menyebabkan domestikasi media sosial dalam menyampaikan dakwah di kalangan millenial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adi Wibowo, “Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital”, Jurnal Islam Nusantara, Vol. 03 No. 02. 2019

Amin, Syamsul Munir. 2008. Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta : Amzah, 2008)

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Cindy Rizal Putri Paramitha, “Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggal dalam Bidang Kuliner”. Tesis. Semarang: Fak. Ekonomi UNDIP. 2011

Conney Stephanie, “Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial”, Kompas.com 24 Februari 2021

Lina Muflihah, “Dakwah Muslim Milenial (Studi Kasus dalam Akun Instagram @surabayahijrah)”. Tesis. Surabaya : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UINSA, 2020

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosyda Karya, 2011.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja RosdaKarya Offset, 2009.

Muhammad Habibi, “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial”, Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, Vol. 12, No. 1, 2018

Nasrullah, Rulli. 2003. Cybermedia. Yogyakarta: IDEA Press Yogyakarta

Saebani, Beni Ahmad. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian cet I. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Published
2021-12-15
How to Cite
DIANA, Zahrotul Farodis. DOMESTIKASI MEDIA SOSIAL DALAM AKTIVITAS DAKWAH DI KALANGAN MILLENIAL. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-18, dec. 2021. ISSN 2686-1100. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/dakwatuna/article/view/1265>. Date accessed: 22 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v8i1.1265.