DAKWAH DENGAN AUDIO VISUAL ( Efektifitas Dakwah Islamiyah Mengunakan Media Teknologi Audio Visual Pada Masyarakat)

Main Article Content

Muhammad Abdul Halim Sidiq

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman , kemajuan teknologi komunikasi semakin meningkat dan menyebar ke seluruh pelosok daerah terutama teknologi audio visual yang semakin mudah di akses oleh masyarakat.

Akan tetapi dengan berbagai kemajuan teknologi ini umat Islam khususnya para tokoh masyarakat belum dapat menerapkannya sebagai sarana berdakwah yang apabila mengunakan media massa ini efek yang ditimbulkan akan lebih mengena dan jangkauannya lebih menyeluruh dibandingkan mengunakan media konvensional yang hanya mengena pada sebagian kelompok saja.

Komunikasi efektif mempunyai berbagai nuansa dan variasi sesuai dengan kepentingan dan tujuanya. Walaupun pada prinsinya tujuanya sama, yakni bagaimana pesan komunikasi yang di sampaikan dapat di serap, di hayati, dan diumpanbalikan oleh khalayaknya secara positif,, lahanya bisa berbeda – beda. Komunikasi efektif bagi seorang manejer tujuanya profitable dalam kaitan bisnis, komunikasi efektif bagi seorang guru tujuanya menyukseskan proses belajar mengajar, komuniaksi efektif bagi seorang artis tujuanya membuat penonton puas dengan pertunjukanya. Walaupun terdapat nuansa – nuansa dalam ilmu terapan komunikasi efektif , pada hakikatnya, ia tetap berpuncak pada prinsip – prinsip ilmu komunikasi.

Semakin ketat persaingan dan derasnya arus informasi khususnya dari pengaruh orang-orang non muslim  di dunia Audio Visual,   menuntut umat Islam harus lebih kreatif dalam mengolah suatu ide agar menjadi sesuatu produk yang berguna bagi kemajuan pengetahuan ummat Islam dan media yang di gunakan harus lebih modern yang mempunyai jangkauan yang lebih luas lagi. Untuk itu pengguasaan terhadap dunia Audio Visual, menjadi hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan khususnya dalam dunia penyiaran Islam.

Article Details

How to Cite
SIDIQ, Muhammad Abdul Halim. DAKWAH DENGAN AUDIO VISUAL ( Efektifitas Dakwah Islamiyah Mengunakan Media Teknologi Audio Visual Pada Masyarakat). Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 91-106, aug. 2016. ISSN 2443-0617. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/dakwatuna/article/view/173>. Date accessed: 22 sep. 2018.
Keywords
Dakwah, Media, Audio Visual
Section
Articles