MEDIA MASSA SEBAGAI WUJUD REFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT ISLAM

Main Article Content

Kahar Masyhuri

Abstract

Indonesia masih dihadapkan pada berbagai persoalan, terutama dalam wujud reformasi masyarakat Islam pada saat ini, mulai dari lembaga-lembaga pendidikan, agama, seni dan kebudayaan yang merupakan bagian dari alat kekuasaan negara yang bekerja secara ideologis guna membangun kepatuhan khalayak terhadap kelompok yang berkuasa. Salah satunya adalah pengaruh Media Massa sebagai wujud reformasi terhadap masyarakat Islam, pengaruh media massa baik pengaruh negatif maupun positif amat berdampak besar terhadap perubahan lembaga-lembaga pendidikan, agama, seni dan kebudayaan. Untuk itu media massa seharusnya diupayakan dapat menjadi sarana dalam menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat Islam, sehingga dapat diketahui media massa sebagai wujud reformasi apakah membawa dampak pencerdasan atau pembodohan masyarakat Islam, dan setiap masyarakat dapat mebedakan mana yang baik dan buruknya media massa sehingga pengaruh negatif dapat diminimalisir, sementara pengaruh yang positif dapat dioptimalkan. Hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk meminimalisir dampak dari munculnya media massa di kalangan masyarakat, baik dampak yang positif atau negatif adalah dengan selalu menyimak, memperhatikan dan menggaris bawahi keseluruhan cerita realitas, pesan, informasi dan opini yang disampaikan oleh media massa.

Article Details

How to Cite
MASYHURI, Kahar. MEDIA MASSA SEBAGAI WUJUD REFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT ISLAM. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 29-48, aug. 2016. ISSN 2443-0617. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/dakwatuna/article/view/117>. Date accessed: 22 feb. 2018.
Keywords
media massa, reformasi, masyarakat Islam
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.