Relevansi Ayat-Ayat Qur'ani dengan Muatan Materi Pendidikan Kewarganegaraan SMP dalam Pendidikan Anti Korupsi

  • Hermawan Hermawan Universitas Muhammadiyah Purworejo Jawa Tengah,

Abstract

Ayat-ayat yang terdapat di dalam Al-Qur`an berjumlah 6236, ribuan ayat tersebut membahas tentang berbagai macam persoalan kehidupan dunia dan akhirat. Salah satunya adalah adanya ayat-ayat Qur`ani yang membahas nilai-nilai pendidikan anti korupsi, memang ayat-ayat tersebut tidak secara langsung membahas anti korupsi, namun ayat tersebut menjelaskan melalui tatanan nilai sosial, hukum dan beragama. Di satu sisi, pendidikan anti korupsi dewasa ini memang sudah menjadi wabah penyakit, sehingga salah satu bentuk pencegahannya dilakukan melalui dunia pendidikan. Dalam hal ini Kemendikbud sudah menempuh cara, salah satunya dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan anti korupsi ke dalam muatan materi Pendidikan Kewarganegaraan.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada relevansi ayatayat Qur`ani dengan materi pendidikan kewarganegaraan dalam pendidikan anti korupsi? kemudian ayat dan nilai apa saja yang terintegrasi? serta bagaimana strategi untuk mengaplikasikan ayat dan nilai yang terintegrasi tersebut?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, Sedangkan metode penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan mereduksi data, kategorisasi data, sintesisasi data dan penarikan kesimpulan.


Hasil dari penelitian ini adalah adanya relevansi atau relasi antara ayat-ayat Qur`ani dengan muatan materi pendidikan kewarganegaraan dalam pendidikan anti korupsi seperti : Kejujuran dengan Q.S At-Taubah ayat 119. Kepedulian dengan Q.S. An-Nisa’ ayat 36 dan Q.S al-Maidah ayat 2. Kemandirian dengan Q.S. Hud ayat 123. Kedisiplinan dengan Q.S An-Nisa ayat 59. Tanggung Jawab dengan Q.S. An-Nisa’ ayat 58. Kerja keras dengan Q.S al-Ankabut ayat 69. Kesederhanaan dengan Q.S Al-Furqan ayat 67. Keberanian dengan Q.S. Ali-Imran ayat 104. Keadilan dengan Q.S. An-Nisa’ ayat 135. Strategi untuk internalisasi ayat dan nilai tersebut dengan pembelajaran dan pemahaman di kelas, program pembiasaan dan kegiatan ekstrakurikuler.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-08-15
How to Cite
HERMAWAN, Hermawan. Relevansi Ayat-Ayat Qur'ani dengan Muatan Materi Pendidikan Kewarganegaraan SMP dalam Pendidikan Anti Korupsi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 21-35, aug. 2015. ISSN 2442-4579. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/90>. Date accessed: 21 may 2022.
Section
Article

Keywords

Ayat Qur`ani, Pendidikan Kewarganegaraan, Anti Korupsi.