Pola Pembinaan Agama pada Anak dalam Keluarga Buruh Pabrik di Desa Labruk Lor Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v11i2.338Abstract
Tulisan ini ingin melihat sejauh mana pola pembinaan agama dalam keluarga buruh pabrik, daya dukung dan hambatan pembinaan agama dan dampak serta manfaat bagi anak dari pembinaan agama dalam keluarga buruh pabrik di Desa Labruk Lor Lumajang. Sebagaimana diketahui, keluarga merupakan proses hubungan manusia yang paling awal terjadi, sebelum mengenal lingkungan yang lebih luas. Sebagai lembaga pembentukan pribadi, mental dan karakter, peran dan tanggung jawab orang tua merupakan faktor yang utama. Selain itu, orang tua juga dijadikan acuan atau contoh oleh anaknya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian field research yaitu penelitian dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian guna memperoleh informasi terhadap masalah-masalah yang dibahas. Penelitian dilakukan di bulan April-Mei 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pembinaan agama pada anak dalam keluarga buruh pabrik di desa Labruk Lor yakni menggunakan pola pembinaan anak secara permisif, otoriter dan demokratis. Hal tersebut disebabkan karena faktor ekonomi, lingkungan, pendidikan orang tua, keturunan dan budaya. Implikasi dari hasil penemuan ini menunjukkan bahwa terdapat hal positif yang bisa diambil hikmah, yakni anak akan lebih bertanggung jawab, lebih disiplin, kreatif, mandiri dan mampu mengotrol emosi.
Downloads
References
Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Barmawi, Bakir Yusuf. 1993. Pembinaan Kehidupan Beragama Islam Pada Anak, Semarang: Dina Utama.
Barnadib, Sutari Imam. 1976. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: FIP IKIP.
D. Soemarno, 1998. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah 1998, Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi.
Daradjat, Zakiyah. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, Jakarta: CV Ruhama.
Daradjat, Zakiyah. 1995. Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta.
Gunarsa, Singgih. 2000. Pengantar Psikologi Edisi Kesebelas. Batam :Interaksara Gunarsa. Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.
Gunarsa, Singgih. 2006. Dasar dan Teori Perkembangan Anak, Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hasan, Alwi, 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Hurlock, Elisabeth. 2006. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Masa. Edisi kelima, Jakarta: Erlangga.
Kortono, Kartini. 1989. Peranan Keluarga Memandu Anak, Jakarta: Rajawali.
Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, cet. ke-1 Jakarta: PPM.
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter .Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Anak Rosda karya.
Mussen, P. H. 1989. Pengembangan dan Kepribadian Anak, Jakarta: Arcan.
Nata, Abuddin. 2002. Tafsir Ayat – ayat Pendidikan Tafsir al-Ayat al-Tarbawy, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Padjrin, 2016. Pola Asuh Anak Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam, Intelektualita Volume 5, Nomor 1.
Proboningrum, C. S. 1993. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purwati, Eni dkk. 2014. Pendidikan Karakter, Surabaya: Kopertais IV Press.
Rokib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Hidayat, S. 1987.Pembinaan Generasi Muda, Surabaya: Study Group.
Semiawan, Conny dkk. 2008. Pengenalan dan Pengembangan Bakat Sejak Dini. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sumber dari profil desa Labruk Lor tahun 2016. Diakses pada 18 April 2018
Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah 9 Dasar Metode Teknik, Bandung: Tarsito.
Sururin. 2004. Ilmu Jiwa Agaman, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Surya, Mohamd. 2003. Bina Keluarga, Semarang: CV. Aneka Ilmu.
Tafsir, A. dkk. 2004. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka.
Yusuf , A. Muri. 1982. Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Ghalia.