Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di SMA Negeri 3 Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v11i2.334Abstract
Tulisan ini ingin melihat bagaimana implementasi nilai-nilai multikulturalisme dikembangkan terutama dalam pendidikan agama di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 di Lumajang. Seperti diketahui, di sekolah terdapat mata pelajaran pendidikan agama dan terdapat peserta didik yang memiliki perbedaan agama. Multikulturalisme merupakan realitas kehidupan masyarakat dan bangsa, meskipun tidak setiap subyek masyarakat atau bangsa ini mau mengakui dan menerimanya, namun semua meyakini bahwa multikulturalisme sebagai sebuah ideologi akan mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun secara kultural dan kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dengan observasi, interview dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Bulan Maret dan April 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai multikultural yang ada di SMA Negeri 3 Lumajang mengacu pada nilai-nilai universal dalam masing-masing agama seperti kebersamaan, keadilan, kesetaraan dan kesamaan, sekalipun terdapat berbagai perbedaan agama, suku, dan budaya. Selain itu, implementasi nilai multikultural dalam pendidikan agama Islam dilakukan melalui kegiatan pembiasaan.Salah satu faktor pendukung implementasi multikultural di SMA Negeri 3 adalahadanya antusias peserta didik dan kesadaran peserta didik tentang pentingnya implementasi nilai multikulturalisme.
Downloads
References
Aly, Abdullah. 2015,â€Studi Deskriptif Nilai-nilai Multikultural dalam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalamâ€, Jurnal Islamiah Pesantren. Vol. 1. Surakarta
Amin, Kamaruddin. 2006. Quo Vadis Islamic Studies In Indonesia. Jakarta: Departemen Agama RI.
Baidhawy, Zakiyudi. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga.
Bank, James. 1993. Multicultural Education: Historical Development, Dimensions, And Practice. Review of Researchin Education.
Burnett, G. 1994. Varieties of Multicultural Education: an Introduction. Eric learing houseon Urban Education, Digest.
Darajat, Zakiyah. 2016. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dermawan, Pilan. 2015. Multikulturalise H.A.R Tilaar dalam Perspektif Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tesis, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Fakhrurrozi. 2016. Modul III (Buku Pengayaan) Madrasah Multikultural. Jakarta: Kementerian Agama RI
Fatimah, Siti. 2016. Gender dan Pendidikan Multikultural. Jakarta: Kencana.
Fuad, Tohari. 2016. Modul II (BukuPengayaan) Madrasah Multikultural. Jakarta: Kementerian RI
Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Hasan, Muhammad Tholchah. 2016. Pendidikan Multikultural Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Malang : Lembaga Penerbitan Universitas Islam Malang.
Maftuhi, Taufiq. 2016. Modul I (buku pengayaan) Madrasah Multikultural. Jakarta: Kementrian Agama RI.
Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mujtahid. 2011. Reformasi Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki.
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1996. Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Parekh, Bikhu. 2008. Rethinking Multikulturalism. Yogyakarta: Kanisius.
Purwadarminta, W, Js. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Rohman, Miftahur. 2016. Implementasi Nilai Multikultural di MAN Yogyakarta dan Stela Duce 2 Yogyakarta (studi komparasi di sekolah berbasis islam dan kristen).Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ruslan, Ibrahim. 2008. â€Pendidikan Multikulturalâ€, El Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam,vol.1.
Suryana, Yaya. 2015. Pendidikan Multikultural. Bandung: CV Pustaka Setia.
Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme, Jakarta: PT Grasindo.
Torang, Syamsir. 2012. Metode Riset Struktur dan Perilaku Organisasi, Bandung: Alfabeta.
Umar, Husein. 2007. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Asa Mandiri, 2006.
Yakin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pilar Media.