Teori Belajar Behaviorisme dan Kognitivisme Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Adet Tamula Anugrah Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i1.2871

Keywords:

Teori Behaviorisme, Teori Kognitivisme, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini mengelaborasi dan mengurai sudut pandang pendidikan Islam mengenai teori belajar behaviorisme dan kognitivisme. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan metode kualitatif deskriptif. Data yang bersumber dari literatur teks dikumpulkan, direveiew, dan dikelompokkan sesuai fokus kajian. Data kemudian dianalisa melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teori behaviorisme menekankan bahwa belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan termanifestasi dalam perilaku belajar. Adapun teori kognitivisme menekankan aspek kognisi dalam pembelajaran dan keberhasilan belajar diukur berdasarkan hasil perkembangan kognitif. Kedua teori ini relevan dengan belajar dalam konteks pendidikan Islam yang menekankan aspek akhlak dan tanpa mengesampingkan aspek kognisi manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, Fera. “Teori Belajar Behavioristik Dan Pandangan Islam Tentang Behavioristik.” Syaikhuna Jurnal Pendidikan Islam Dan Pranata Islam 10, no. 2 (2015): 165–80.

Anggraini, Dian Mustika. “Hidup Dengan Teori Getalt.” Kompasiana, May 2015. https://www.kompasiana.com/dianmustikaanggraini/54f753eea333115a348b462f/hidup-dengan-teori-getalt.

Anugrah, Adet Tamula. “Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 2 (August 15, 2021): 101–22. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1026.

Bandura, Albert. Social Learning Theory. New Jersey: Prentice Hall, 1997.

Fakih, Imam. “Telaah Belajar Perspektif Pendidikan Islam Dan Teori Kognitif.” Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam 12, no. 1 (February 2019): 65–87.

Fithri, Rizma. Buku Perkuliahan Psikologi Belajar. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014.

Fitri, Nurhadia, Mahsyar Idris, Jl Amal Bhakti, and Bukit Harapan. “Nilai Pendidikan Islam Dalam Qur’an Surah Luqman Ayat 1-19: Tinjauan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Al-Musannif 1, no. 1 (May 2019): 32–46. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5646869.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2020.

Hermansyah, Hermansyah. “Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran SD/MI.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 1 (March 2020): 15–25. https://doi.org/10.36835/MODELING.V7I1.547.

Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, and Puji Sumarsono. Belajar Dan Pembelajaran. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Murniyati, Murniyati, and Suyadi Suyadi. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 11, no. 2 (August 2021): 177–92. https://doi.org/10.47200/ULUMUDDIN.V11I2.895.

Nata, Abuddin. Islam Dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group, 2019.

Pautina, Amalia Rizki. “Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (February 2018): 14–28.

Pratama, Yoga Anjas. “Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718.

Purnamasari, Nia Indah. “Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull Dan Ivan Pavlov Bagi Pendidikan Islam Kontemporer.” QUDWATUNA 3, no. 1 (March 2020): 1–24.

Rahyubi, Heri. Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Penerbit Nusa Media, 2017.

Rosidin. Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Maqashid Syariah Dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2019.

Rufaedah, Evi Aeni. “Teori Belajar Behavioristik Menurut Persektif Islam.” Risalah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 4, no. 1 (2018): 14–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550518.

Rusuli, Izzatur. “Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Perspektik Islam.” Jurnal Pencerahan 8, no. 1 (2014): 38–54. https://doi.org/10.13170/jp.8.1.2041.

SAP, Rangga Sa’adillah, Dewi Winarti, and Daiyatul Khusnah. “Kajian Filosofis Konsep Epistemologi Dan Aksiologi Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Civilization 3, no. 1 (April 2021): 34–47. https://doi.org/10.33086/JIC.V3I1.2135.

Schunk, Dale H. Learning Theories An Educational Perspective. Boston: Pearson Education, 2012.

Sholichah, Aas Siti. “Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209.

Thobroni, M. Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Adet Tamula Anugrah. (2024). Teori Belajar Behaviorisme dan Kognitivisme Perspektif Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 75–97. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i1.2871

Issue

Section

Article