Inovasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dalam Akun Instagram @Zahidsamosir: Trend Dakwah dan Pendidikan Islam Melalui Sosial Media

Authors

  • Ai Fatimah Nur Fuad Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta
  • Asminur Afifah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i1.2853

Keywords:

Instagram, Sosial Media, Media Belajar, Tahsin al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pemanfaatan akun Instagram @zahidsamosir sebagai media belajar tahsin Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @zahidmosir memberikan manfaat yang sangat luas dalam pembelajaran tahsin Al-Qur’an. Selain itu, sangat bermanfaat dalam menyebarkan pesan dakwah dan pendidikan Islam di kalangan milenial melalui sosial media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akun @zahidsamosir memanfaatkan fitur reels dan story di Instagram dalam memberikan pembelajaran tahsin Al Qur’an. Bagian dari Inovasi yang diberikan adalah, akun ini menyusun materi secara bertahap dan berjenjang untuk disampaikan secara berkala kepada followersnya. Hal ini menunjukkan bahwa media Instagram tersebut dikelola dengan fokus untuk meningkatkan literasi tahsin Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Nora. "Pengaruh Penerapan Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMAN 06 Seluma". Skripsi, Bengkulu, 2020.

Al-Qaththan, Syaikh Manna. 2005. Pengantar Studi Ilmu Al_Qur’an. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Annuri, Ahmad. 2022. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Ilmu Tjwid. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Anwar, Efendi. 2018. Bimbingan Tahsin & Tajwid Utsmani. Jakarta: Darus Sunnah Press.

Astutik, Indah Puji. “Analisis konten akun Instagram @ruqun.id dalam Memberikan Informasi Keislaman untuk Followers”. Skripsi, IAIN Kediri, 2023.

Carpenter, J.P., Morrison, S.A., Craft, M., dan Lee, M. "How and Why Are Educators Using Instagram?". Teaching and Teacher Education, 96 (2020), 103149. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103149.

CNN Indonesia, "MPR: Mengkhawatirkan, 72 Persen Muslim Indonesia Buta Aksara Al-Quran", CNN Indonesia, 6 Marert 2023. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230306064622-20-921284/mpr-mengkhawatirkan-72-persen-muslim-indonesia-buta-aksara-al-quran.

Erarslan, Ali. “Instagram as an Education Platform for EFL Learners”. TOJET: Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 18, No. 3 (2019).

Haryanto, B., Laily, I.M., dan Atutik, A.P. "Instagram Sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0". Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2 (2022).

Idris, Haidar., Ahmad Ihwanul Muttaqin, dan Akhmad Afnan Fajarudin. “Fenomena Fomo: Pandangan Al-Qur’an tentang Pendidikan Mental dan Keseimbangan Kehidupan Generasi Millenial”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 16, no.2 (Agustus, 2023), 145-157. https://doi.org/https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.2678.

Juliantari, Ni Luh., Anak Agung Elik Astari, dan Ni Luh Indiani. "Pengaruh Content Creator pada Aplikasi Reels Instagram dalam Meningkatkan Inovasi Generari Muda". Nusantara Hasana Journal, Vol. 2, No. 4 (2022).

Malik, Asriati Aulia. “Pengaruh minat membaca Al-Qur’an terhadap Keaktifan Mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram, 2022.

Mattern, Joanne. 2016. Instagram. Minnesota: ABDO Publishing Company.

Mulyawan, Ali dan Dadi Rosadi. “Aplikasi Pembelajaran Al-Qur’an dalam Kajian Ilmu Tahsin”. Jurnal Computech & Bisnis, Vol 15, No. 2 (2021).

Nadyantanamulia, Bella. 2018. Efektivitas Media Sosial Instagram @Fuadbakh Sebagai Media Dakwah (Ditinjau Dari Teori Jarum Hipodermik). Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Nasution, Muliani. “Efektifitas Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Mahasiswa/i Akper Malahayati Medan”. Jurnal Ilmiah Simantek, Vol. 6, No. 3 (2022).

Riyanto, Andi Dwi. "Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2023", andi.link, 18 April 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023.

Rizqa, Miftahir., Ahmad Badarudun, dan Risnawati. “Usaha Guru Tahsin untuk Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Orang Dewasa di Majelis Tahsin Abdurrahman Bin Auf Perawang”. IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI, Vol. 8, No. 1 (2023).

Samad, Sri Astuti A. dan Heliati Fajriah. "Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an pada Mahasiswa PAI UIN Ar-Raniry: Efektivitas Metode Peer Tutoring Melalui Program Bengkel Mengaji". AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 15, No. 2 (2017).

Samosir, Zahid. 2020. ‘Popular Reciting Mistakes, Hijaiya’.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Ai Fatimah Nur Fuad, & Asminur Afifah. (2024). Inovasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dalam Akun Instagram @Zahidsamosir: Trend Dakwah dan Pendidikan Islam Melalui Sosial Media. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 60–74. https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v17i1.2853

Issue

Section

Article