Robert Mills Gagne: Teori Pemprosesan Informasi dan Penerapannya Pada Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.2458Keywords:
Robert M. Gagne, Pemprosesan Informasi, PAIAbstract
Teori pemrosesan informasi ialah suatu teori yang menitikberatkan pada fungsi memori individu dan proses berpikir setiap individu. Teori ini menganggap bahwa belajar melibatkan upaya dalam memproses, mendapatkan, dan menyimpan informasi melalui memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Tujuan penelitian yang dilakukan ialah untuk mengetahui bagaimana teori pemprosesan informasi menurut Robert M Gagne, apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menerapkan teori pemprosesan dan apa manfaat penerapan teori pemprosesan informasi pada pendidikan islam. Artikel ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode library research, data studi pustaka berasal dari artikel jurnal, handbook, textbook, buku-buku dan arsip dokumen. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa ada delapan fase dalam kegiatan belaja mengajar yang terjadi pada individu dimana pada setiap fase memiliki hubungan erat dengan fenomena yang ada pada pikiran peserta didik, diantaranya fase motivasi, fase pengenalan, fase perolehan, fase retensi, fase pemanggilan, fase generaliasali, fase penampilan, serta fase umpan balik. Kegiatan pemprosesan informasi pada peserta didik dimulai sejak kegiatan belajar bermula sehingga merancang RPP yang sesuai dengan situasi dan kondisi kelas sangat mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Manfaat pemprosesan informasi yang baik mampu meningkatkan hasil belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran.
Downloads
References
Al-Mahiroh, Rifqiyyatush Sholihah, and Suyadi Suyadi. “Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12, no. 2 (August 9, 2020): 117–126.
Andriani, Windy. “Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review Dalam Penelitian Ilmu Sosiologi.” Jurnal PTK dan Pendidikan 7, no. 2 (January 6, 2022). Accessed June 25, 2023. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ptkpend/article/view/5632.
Budiningsih, Asri. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Dahar, Ratna Wilis, and Yayat Sri Hayati. Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 2011.
Gagne, Robert M. Essential Of Learning For Instruction. Surabaya: Usaha Nasional, 1988.
Kusaeri, Kusaeri. “Menggunakan Model DINA Dalam Pengembangan Tes Diagnostik Untuk Mendeteksi Salah Konsepsi.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 16, no. 1 (2012): 281–306.
Miles, Matthew B., A. M. Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third edition. Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, Inc, 2014.
Nasih, Ahmad Munjin, and Lilik Nur Kholidah. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Refika Aditama, 2009.
Nurhalizah, Teti, Siska Meliana, Ujang Dedih, and Mohamad Erihadiana. “Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (January 16, 2023): 3783–3794.
Pramesti, Cicik. “Penerapan Pendekatan Pemprosesan Informasi Bagi Mahasiswa.” Jurnal Edukasi 3, no. 1 (2017).
Putra, Dharma Bagus Pratama. “Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Trigonometri Sederhana Ditinjau Dari Teori Pemrosesan Informasi.” Masters, Universitas Negeri Malang, 2014.
Qolbiyah, Anis Syifaul. “Analisis Teori Pemprosesan Informasi Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 08 Batu Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2022.
Qolbiyah, Anis Syifaul, and Eka Ismaya Indra Purnamanita. “Teori Pemrosesan Informasi dan Neurosains dalam Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (May 31, 2022): 4813–4827.
Rachim, Elvania, Neneng Yektiana, and Rahmat Hariyadi. “Analisis Teori Pengolahan Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita.” Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 1, no. 4 (2022).
Risda, Fathia Jogi Septriwinti, and Fauziah Nasution. “Pendekatan Pemprosesan Informasi.” Jurnal Mudabbir 3, no. 1 (2023): 11.
Ruggiero, Vincent Ryan. Beyond Feeling: A Guide To Critical Thingking. 9. New York: Mc Graw Hill, 2011.
Setia Budi, Irwan. “Teori Pemrosesan Informasi dalam Model Pembelajaran di SD/ MI.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 15, no. 01 (July 28, 2022): 130–145.
Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Solso, Robert L., Otto H. Maclin, Mikael Rahardanto, and Kristianto Batuadji. Psikologi Kognitif Ed.8. Jakarta: Erlangga, 2008.
Suryana, Ermis, Ayu Lestari, and Kasinyo Harto. “Teori Pemrosesan Informasi Dan Implikasi Dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 3 (August 2, 2022). Accessed June 24, 2023. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/3498.
Suyadi, Suyadi, Muliawati, and Nita Nur. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini : Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Yani, Muhammad, Muhammad Ikhsan, and Marwan Marwan. “Proses Berfikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient.” Jurnal Pendidikan Matematika 10, no. 1 (2016). Accessed June 27, 2023. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3278.
Yaumi, Muhammad. Prinsip-prinsip desain pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2017.
Zulfah, Silvie Afifatuz, and Mukhoiyaroh Mukhoiyaroh. “Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Robert M. Gagne pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Mubarok Surabaya.” Edudeena : Journal of Islamic Religious Education 6, no. 2 (December 15, 2022): 144–157.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Izzah Zulvia Noer, Abdul Muhid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.