Pengaruh Metode Sorogan terhadap Motivasi Belajar Santri di Kelas Musyawarah Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Wonorejo Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.54471/rjps.v4i1.2932Keywords:
Metode Sorogan, Motivasi Belajar SantriAbstract
Metode sorogan yang biasa disebut dengan pengajaran individual ini memberikan kebebasan kepada santri untuk menentukan bidang dan tingkat kesulitan kitab yang dipelajarinya serta mengatur intensitas dan daya serap dan memotivasinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar santri, adakah pengaruh metode sorogan terhadap motivasi belajar santri dan seberapa pengaruh metode sorogan terhadap motivasi belajar santri di kelas musyawarah A pondok pesantren Kiyai Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif. Hasil riset menunjukkan bahwa dari hasil uji kolerasi skor T bahwasanya motivasi belajar santri di kelas musyawah A terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu, 8 santri mempunyai motivasi sangat tinggi,2 santri mempunyai motivasi tinggi dan 20 santri mempunyai motivasi sedanga. Untuk klasifikasi motivasi rendah dan sangat rendah santri di kelas musyawarah A tidak ada.kemudian untuk hasil uji korelasi Product Moment skor signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05 artinya ada pengaruh antara metode sorogan terhadap motivasi belajar santri pondok pesantren Kyai Syarifuddin di kelas musyawarah A.
Downloads
References
Abror, Darul. 2020. Kurikulum Pesantren: (Model Integrasi Pembelajaran Salaf dan Khalaf. Yogyakarta: Deepublish.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodoligi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Damopolli, Muljono. 2011. Pesantren Modern Immim; Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Raja Wali Pers.
Mahmud. 2006. Model-Model Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Media Nusantara.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press..
Nasir, M. Ridlwan. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nata, Abuddin. 2012. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rafiqah, Mar’atur. 2013. “Pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Belajar”. (Skripsi, Metro Akademik).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wawancara dengan Ustadz Agil dan Ustadz Azzam.
Yasin, Muhammad Nur dan Haidar Idris. “Manajemen Pendidikan Karakter Santri Dalam Menjawab Tantangan Modernitas Zaman”. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, Vol. 1, No. 1 (April, 2023): 94-102.
Zahroh, Aminatuz. “Pengambilan Keputusan di Pesantren”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1 (Februari, 2019): 1-19. DOI: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.349
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rozikin, Mohammad Darwis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.