Pengaruh Metode Sorogan terhadap Motivasi Belajar Santri di Kelas Musyawarah Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Wonorejo Lumajang

Authors

  • Muhammad Rozikin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Mohammad Darwis Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.54471/rjps.v4i1.2932

Keywords:

Metode Sorogan, Motivasi Belajar Santri

Abstract

Metode sorogan yang biasa disebut dengan pengajaran individual ini memberikan kebebasan kepada santri untuk menentukan bidang dan tingkat kesulitan kitab yang dipelajarinya serta mengatur intensitas dan daya serap dan memotivasinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar santri, adakah pengaruh metode sorogan terhadap motivasi belajar santri dan seberapa pengaruh metode sorogan terhadap motivasi belajar santri di kelas musyawarah A pondok pesantren Kiyai Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif. Hasil riset menunjukkan bahwa dari hasil uji kolerasi skor T bahwasanya motivasi belajar santri di kelas musyawah A terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu, 8 santri mempunyai motivasi sangat tinggi,2 santri mempunyai motivasi tinggi dan 20 santri mempunyai motivasi sedanga. Untuk klasifikasi motivasi rendah dan sangat rendah santri di kelas musyawarah A tidak ada.kemudian untuk hasil uji korelasi Product Moment skor signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05 artinya ada pengaruh antara metode sorogan terhadap motivasi belajar santri pondok pesantren Kyai Syarifuddin di kelas musyawarah A.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, Darul. 2020. Kurikulum Pesantren: (Model Integrasi Pembelajaran Salaf dan Khalaf. Yogyakarta: Deepublish.

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodoligi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Damopolli, Muljono. 2011. Pesantren Modern Immim; Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Raja Wali Pers.

Mahmud. 2006. Model-Model Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Media Nusantara.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press..

Nasir, M. Ridlwan. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nata, Abuddin. 2012. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rafiqah, Mar’atur. 2013. “Pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Belajar”. (Skripsi, Metro Akademik).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wawancara dengan Ustadz Agil dan Ustadz Azzam.

Yasin, Muhammad Nur dan Haidar Idris. “Manajemen Pendidikan Karakter Santri Dalam Menjawab Tantangan Modernitas Zaman”. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, Vol. 1, No. 1 (April, 2023): 94-102.

Zahroh, Aminatuz. “Pengambilan Keputusan di Pesantren”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1 (Februari, 2019): 1-19. DOI: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.349

Downloads

Published

15-01-2024

How to Cite

Muhammad Rozikin, & Mohammad Darwis. (2024). Pengaruh Metode Sorogan terhadap Motivasi Belajar Santri di Kelas Musyawarah Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Risalatuna Journal of Pesantren Studies, 4(1), 30–46. https://doi.org/10.54471/rjps.v4i1.2932

Issue

Section

Articles