Manajemen Hubungan Pesantren Berbasis Asrama dengan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan Islam di Asrama An-Nur Kab. Pekalongan

Authors

  • Khasbi Assiddiqy Universitas Islam Negeri K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan
  • Ahmad Ta’rifin Universitas Islam Negeri K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan
  • Rahma Putri Maharani Universitas Islam Negeri K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan
  • Salsabila Khusnah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.54471/rjps.v4i1.2691

Keywords:

Pesantren Berasrama, Manajemen Humas

Abstract

Pesantren berbasis asrama merupakan institusi pendidikan Islam yang memberi tempat bagi santri untuk tinggal secara penuh di dalamnya. Pengelolaannya meliputi beragam aspek, mulai dari perencanaan kurikulum hingga manajemen sumber daya manusia dan keuangan. Peran pesantren dalam pengelolaan pendidikan Islam sangat penting, karena melalui pesantren, kualifikasi santri dan ustadz, pelaksanaan pembelajaran, serta pencapaian hasil pendidikan dapat secara konkret ditunjukkan kepada masyarakat. Manajemen pendidikan pesantren menjadi fokus kajian artikel ini, mengenai bagaimana pesantren mengelola dirinya untuk memberdayakan santri dan masyarakat. Hasil riset menunjukkan bahwa pondok pesantren berbasis asrama yang dibangun pada tahun 2020 terletak di Desa Wangandowo, Kec. Bojong, Kab. Pekalongan yang bernama Asrama An Nur dapat diterima dengan baik oleh warga sekitar, eksistensi asrama memberikan dampak pertumbuhan ekonomi, terbentuknya karakter yang berakhlakul karimah bagi para santri, dan memberikan sumbangsih besar yang berdampak pada sumber daya manusia yang intelektualitas dan religius di kab. Pekalongan manfaatnya dapat di rasakan oleh kalangan masyarakat sekitar. Hubungan antara santri, pengasuh pesantren, dan masyarakat menjadi hal yang sangat penting, karena melalui interaksi ini, nilai-nilai positif dapat diterapkan dan disosialisasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Haedari., Dkk. Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernistas dan Tantangan Komplesitas Global. Jakarta: IRD Press, 2004.

Aziz, Abdul. Pengantar Manajemen dan Substansi Administrasi Pendidikan. Jember: Pustaka Radja. 2017.

Departemen Agama RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.

Manaf, Abdul. “Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat Pada Sman 7 Kota Banjarmasin”. Management of Education, Vol. 1, No. 1 (2015): 30-40.

Muttaqin, Ahmad Ihwanul. “Modernisasi Pesantren; Upaya Rekonstruksi Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, No. 7, No. 2 (August, 2014).

Nisa’, Khoirotun dan Aminatuz Zahroh. “Manajemen Humas Pondok Pesantren An-Nadliriyyah Bades Pasirian”. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, Vol. 3, No. 2 (Juli, 2023).

Purnomo, M. Hadi. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Yogyakarta: Bildung Pustaka Utama, 2017.

Shihab, F., Anis Zohriah dan Machdum Bachtiar. “Manajemen Hubungan Masyarakat dengan Lembaga Pendidikan Islam”. JPDK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5, No. 2 (2023): 4587-4593.

Sulthon. Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2006.

Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2019 Tentang Pesantren.

Untung, Moh. Selamet. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera, 2022.

Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Yogyakarta: Alfabeta, 2015.

Yosal, Iriantara. Manajemen Humas Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Downloads

Published

15-01-2024

How to Cite

Khasbi Assiddiqy, Ahmad Ta’rifin, Maharani, R. P., & Salsabila Khusnah. (2024). Manajemen Hubungan Pesantren Berbasis Asrama dengan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan Islam di Asrama An-Nur Kab. Pekalongan. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.54471/rjps.v4i1.2691

Issue

Section

Articles