Implementasi Metode Program Pelatihan Terjemahan Al-Qur’an Safinda dalam Menerjemahkan Al-Qur’an di Pesantren Darun Najah Petahunan

  • Haidar Idris Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Amilus Sholikhati Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Mempelajari al-Qur’an membutuhkan metode untuk bisa memahaminya. Salah satu metode yang di teliti oleh peneliti yakni metode PPTQ Sanfinda. Metode PPTQ Safinda dapat diajarkan sejak usia dini. Akan tetapi, ketika ia lancar membaca al-Qur’an sejak usia dini, mulai mempelajari maknanya dan menanamkan dalam dirinya bacaan, pengucapan, dan makna al-Qur’an, maka terbentuklah generasi al-Qur’an. Riset ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode PPTQ Safinda dalam menerjemahkan al-Qur’an, mengetahui kemampuan santri dan menemukan faktor pendukung serta penghambat selama pelaksanaan di Pesantren Darun Najah Petahunan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang tujuannya untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil riset menyebutkan menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode PPTQ Safinda santri Darun Najah merasa lebih muda dalam mempelajari pelajaran terjemah al-qur’an. Karena dengan metode ini santri menerjemahkan kata per-kata lebih muda dalam memahaminya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, Abdul. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren”. Jurnal Mubtadiin, vol. 7, no. 01 (Januari-Juni, 2021); 232-246.

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Arikunto, Suharsimi. ManajemenPendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 2002.

Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Kamus Bahasa Indonesia Besar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Handayani, Fitri,. dkk. “Pembelajaran PAI di SMA: (Tujuan, Materi, Metode, dan Evaluasi)”. Jurnal Al- Qiyam, vol. 2, no. 1 (Juni, 2021); 93-101.

Hariyani, Dewi. “Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah”. Al-Adabiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1, (Juni, 2021); 32-50.

Karomatus, Wawancara, Petahunan, 22 januari 2022.

Mardiyatun. “Best Practice Megembangkan Kompetensi Spiritual KKG PAI melalui Kajian Al-Qur’an”. Learning: Jurnal Inovasi Peneliti Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2 (Agustus, 2021); 184.

Muslim, Mulyanto, dan Tahyuni, D. “Peran Ustadzah dalam Proses Bimbingan Menghafal Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Griya Qur’an Al-Madani Kota Palembang”. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. vol. 7, no. 2 (Agustus, 2020); 246-260.

Ni’mah, Roudhotun., dkk. “Meningkatkan Mutu Membaca Al-Qur’an melalui Metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin”. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, vol. 7, no. 2 (Juli-Desember, 2021); 32.

PPTQ Safinda, Program Pelatihan Terjemah Qur’an (online), (PPTQ Safinda Surabaya Program Pelatihan Terjemah Qur’an), di akses 27 Januari 2022.

Saroni, Muhammad. Manajemen Sekolah Kiat menjadi pendidik yang kompeten. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.

Umar, Juairiah. “Kegunaan Terjemah Al-Qur’an untuk Umat Islam”. Jurnal Al-Mu’ashirah, vol. 14, no. 1 (Januari, 2017); 31-38.
Published
2022-07-15
How to Cite
IDRIS, Haidar; SHOLIKHATI, Amilus. Implementasi Metode Program Pelatihan Terjemahan Al-Qur’an Safinda dalam Menerjemahkan Al-Qur’an di Pesantren Darun Najah Petahunan. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 262-280, july 2022. ISSN 2809-9753. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/risalatuna/article/view/1899>. Date accessed: 05 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.54471/rjps.v2i2.1899.
Section
Articles