Relasi Kuasa dan Komunikasi Bungkam di Kalangan Santri Pondok Pesantren Nurut Tauhid

  • Adillah Qurrota Aini Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Kekuasaan menurut Foucault bukan dimiliki oleh para raja, penguasa, atau pemerintah. Akan tetapi kekuasaan dijalankan dengan serangkaian aturan rumit yang saling mempengaruhi. Maksudnya ialah menempati pada posisi strategis yang saling berkaitan satu sama lain. Yang terjadi di Pondok Pesantren Nurut Tauhid merupakan adanya ketimpangan kuasa antara dominan dengan subordinat. Risit ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relasi kuasa antar-santri di Pondok Pesantren Nurut Tauhid. Kedua Untuk mengetahui dampak relasi kuasa antar-santri di Pondok Pesantren Nurut Tauhid. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil riset menunjukkan bahwa Relasi kuasa pengurus dan santri di Pesantren Putri Dalem Utara Nurut Tauhid adalah terjadinya ketimpangan kuasa antara dominan dengan subordinat dan dampaknya ialah terjadinya iklim yang membuat terbungkamnya santri, serta menjadikan santri tidak disiplin dalam segala hal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriza. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2014.

Akmaluddin dan Haqqi, B. “Disiplin Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negri Cot Keu Eung Kab. Aceh Besar (Studi Kasus)”. Journal of Education Science. vol. 5, no. 2 (2019); 1-12.

Ardhiarta, AA. “Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Sosial di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang: Suatu Kajian Pragmatik”. Jurnal Skriptorium. vol. 2, no. 1 (Oktober, 2013); 1-15.

Azizy dan Abdillah, A. Qodri. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Dokumentasi Pengurus Putri Dalem Utara Nurut Tauhid.

Eriyanto. “Analisis Wacana” Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS, 2003.

Fahham, A. M. Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Intitute, 2015.

Fauzi, Ahmad. “Model Interaksi Santri Pondok Pesantren Ishlahiyyatul Asroriyyah Ringinagung Kediri”. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam. vol. 1, no. 2 (Juni, 2020); 27-36.

Fauziyah, N. dkk, “Interaksi Sosial Santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Nurul Amin Alabio Tahun 1997-2020”. Prabayaksa: Journal of History Education. vol. 2, no. 1, (Maret, 2022); 23-32.

Foucault, Michel. Arkeologi Pengetahuan dan Pengetahuan Arkeologi ed. Ketut Wiradnyana. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018.

Hardiyanta, P. Sunu. Disiplin Tubuh: Bengkel Individu Modern. Yogyakarta: LKiS, 1997.

Ilham, F.M. dan Fauzi, A.M. “Relasi Kuasa Guru dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam”. Paradigma. vol. 9, no. 2 (Januari, 2020); 1-17.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis. Jakarta: Gramedia, 2001.

Kamahi, Umar. “Teori Kekuasaan Michel Foucault: Tantangan Bagi Sosiologi Politik”. Jurnal Al-Khitabah, vol. 3, no. 1, (Juni, 2017); 117-133.

Kartono, K. Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: CV Rajawali, 1983.

Liliweri, Alo. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana, 2011.

Miftah Anggun Pertiwi, Wawancara Ketua Pengurus Putri Nurut Tauhid, Lumajang 25-04-2022.

Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Nur Lailatul Azizah, Wawancara, Lumajang, 20-04-2022.

Nyai Faiqotul Mala, Wawancara Pengasuh Pondok Pesantren Putri Dalem Utara Nurut Tauhid, Lumajang 26-04-2022.

Priyanto, Joko. “Wacana, Kuasa dan Agama dalam Kontestasi Pilgub Jakarta Tinjauan Relasi Kuasa dan Pengetahuan Foucault”. Thaqafiyyat, vol. 18 no. 2 (Desember, 2017); 186-200.

Rofiq, Ainur. “Tradisi Selametan Jawa dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Attaqwa: Jurnal Pendidikan Agama Islam. vol. 15, no. 2 (September, 2019); 93-107.

Rohma, NN. “Peningkatan Peran Pendakwah Perempuan di Masyarakat Desa Sananwetan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar (Analisis Teori Kelompok Bungkam dan Teori Feminisme)”. Al-I’lam, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. vol. 1, no. 2 (Maret, 2018); 17-29.

Rosyid, MMZ. Mustajab dkk. Pesantren dan Pengelolaanya. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2020.
Santoso, Listiyono. Epistemologi Kiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2003.

Sholikhah, Anisatus. “Relasi Dan Resistensi Kuasa dalam Novel Orang-orang Oetimu Karya Felix K. Nesi: Kajian Kekuasaan Michel Foucault”. Jurnal BAPALA. vol. 7, no. 3 (Juni, 2020); 1-12.

Syafiuddin, Arif. “Pengaruh Kekuasaan atas Pengetahuan (Memahami Teori Relasi Kuasa Michel Foucault)”. Refleksi: Jurnal Filsafat dan Pemikrian Islam. vol. 18, no. 2 (Juli, 2018); 141-155.

Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: PT LKiS Printing Cemerlang, 2010.

Wibowo, Hasyim. “Etika Santri Kepada Kiai menurut Kitab Ta’lim Muta’allimdi PP. Kotagede Hidayatul Mubtadi-Ien Yogyakarta”. PANANGKARAN: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat. vol. 4, no. 2 (Desember, 2020); 1-12.

Yusuf, M. “Pendidikan Pesantren Sebagai Modal Kecakapan Hidup”. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. vol. 3, no. 2 (April, 2020); 77-92.
Published
2022-07-15
How to Cite
AINI, Adillah Qurrota. Relasi Kuasa dan Komunikasi Bungkam di Kalangan Santri Pondok Pesantren Nurut Tauhid. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 181-200, july 2022. ISSN 2809-9753. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/risalatuna/article/view/1895>. Date accessed: 05 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.54471/rjps.v2i2.1895.
Section
Articles