Lingkungan Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Karakter di Madrasah Tsanawiyah Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri

  • Maziyyatul Muslimah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Latifah Latifah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pendidikan pesantren terhadap pembentukan karakter remaja. Dengan menggunakan metode kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagian peserta didik MTs Al- Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri dengan sampel 31 peserta didik dan salah satu tenaga pendidiknya. Metode pengambilan sampel mengunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh lingkungan pendidikan pesantren terhadap pembentukan karakter remaja. Dengan rata – rata hasil penelitian menunjukkan ciri-ciri perkembangan remaja pada umumnya. Namun, pada salah satu ciri perkembangan remaja, yakni perkembangan emosinya menunjukkan respon yang hampir sama antara respon yang dapat mengendalikan emosi sebesar 47,13% dengan respon yang tidak dapat mengendalikan emosi sebesar 52,87%. Maka hal tersebut menyatakan, bahwa sebagian cukup besar kelompok peserta didik dapat mengendalikan emosinya, dan sebagian yang lain masih belum bisa. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa pengaruh lingkungan pendidikan pesanten di MTs Al-Mahrusiyyah mempunyai pengaruh yang cukup, dengan rata-rata sebesar 47,13% khususnya dalam aspek emosional remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Agung F, Lemi I, & Windi. “Peran Pendidikan Pesantren Salafi dalam Membentuk Perilaku Remaja di Era Modernisasi”. Jurnal IKA: Ikatan Alumni Pgsd Unars 8, (1), (2020); 179-187. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Fauzi, A., Indriyani, L., & Windi. Peran Pendidikan Pesantren Salafi dalam Membentuk Perilaku Remaja di Era Modernisasi. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 8, no. (1), (2020); 179 - 187. doi:10.36841/pgsdunars.v8i1.596

Gunarsa Y. S. D dan Gunarsa, S. D. Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia, 2007.

Hamirul. “Patalogi dalam Pelayanan Publik Karena Kurangnya atau Rendahnya Pengetahuan dan Keterampilan para Petugas Pelaksana Berbagai Kegiatan Operasional”. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 2016.

Izzaty, R. E. dkk, Perkembangan Peserta Didik. UIN Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, 2007.

Kompri. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Kencana, 2018.

Kurniawati, Levina. “Pengaruh Program Pendidikan Pesantren terhadap Perilaku Santri di Pondok Pesantren Putri Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Kabupaten Lumajang”. Risalatuna: Internasional Journal of Islamic Studies, vol. 2, no. 1, (2022); 27-49. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index,php/risalatuna

Mulyasana, Dedy. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Raharjo, M. D. Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah. Jakarta: LP3ES, 1985.

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos, 2001.

Rumiatai. Sosio Antropologi Pendidikan; Suatu Kajian Multikultural. Malang: Gunung Samudra, 2016.

S. Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012

Silfiyasari, M. dan Zhafi, A. A. “Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi”. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 5, no. 1, (Oktober, 2020); 127-135. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218

Siti L. N & Agustin H. “Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang”. Journal of Psychological Perspective, , vol. 3, no. 1 (Juni, 2021); 23-26. https://doi.org/10.47679/jopp.311132021

Soebahar, A. H. Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonansi Guru sampai UU Sisdiknas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.
Published
2022-07-15
How to Cite
MUSLIMAH, Maziyyatul; LATIFAH, Latifah. Lingkungan Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Karakter di Madrasah Tsanawiyah Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 169-180, july 2022. ISSN 2809-9753. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/risalatuna/article/view/1817>. Date accessed: 05 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.54471/rjps.v2i2.1817.
Section
Articles