Kepemimpinan Modern Berbasis Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1573Keywords:
Kepemimpinan, Pendidikan Karakter, Pesantren Modern, ModernitasAbstract
Artikel ini mengkaji tentang kepemimpinan modern dengan pendidikan karakter. Dengan tujuan bahwa bagaimana pesantren merespon perubahan ini menggunakan sistem kepemimpinannya. Riset ini menggunakan library research (kajian pustaka) dengan referesni yang fokus tema nya terkait. Hasil dari riset ini bahwa kepemimpinan berbasis pesantren memerlukan sosok yang memiliki kriteria kepemimpinan ala pesantren, seperti sikap adaptif, selektif, mandiri, kokoh dan berpegang teguh pada ajaran Islam demi menciptakan sistem pendidikan yang ideal. Akan tetapi, artikel ini juga memberikan catatan yang tebal bahwa pendidikan karakter pesantren tidak menjamin sesuai dengan yang diajarakan kiai dan diamalkan oleh alumni, karena semua hal itu masih menjadi pertimbangan tersendiri di sosial masyarakat. Hal ini terjadi karena tidak ada bentuk yang linier, verbatim dan aksiomatik yang dilakukan oleh alumni pesantren. Karena artikel ini juga memberikan jawaban bahwa pendidikan karakter yang ada di pesantren harus beriringan dengan komponen intern dan ekstern bagi kalangan santri dan alumni.
Downloads
References
Anoraga. 1990. Pendekatan Kepemimpinan Lembaga Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Arifin, Samsul. 2016. “Dinamika Kepemimpinan Pondok Pesantrenâ€. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, Vol. 4, No. 2, Desember.
Asrohah, Hanun. 2011. “The Dynamics of Pesantren: Responses toward Modernity and Mechanism in Organizing Transformation,†Journal of Indonesian Islam, Vol. 05, No. 01 (Juni); 66-90.
Aziz, Helmi & Taja, Nadri. 2016. “Kepemimpinan Kyai dalam Menjaga Tradisi Pesantren (Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Khalafi Al-Mu’awanah Kabupaten Bandung Barat). Ta’dib, Vol. 5, No. 1 November.
Billahi, Savran & Thaha, Idris. 2018. Bangkitnya Kelas Menengah Santri: Modernisasi Pesantren di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.
Branson, Christopher M. 2009. Leaderhsip for an Age of Wisdom. Melbourne: Springer.
Bruinessen, Martin Van. 1994. “Pesantren and Kitab Kuning: Maintenance and Continuation of a Tradition of Religious Learning,†in Wolfgang Marschall (ed.). Texts from the Island: Oral and Written Traditions of Indonesia and the Malay World. Berne: University of Berne.
Bruinessen, Martin van. 1999. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan.
Daulay, Haidar Putra. 2001. Hostoris dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.
Departemen Agama RI. 2007. Direktori Pesantren, Vol. 5. Jakarta: Departemen Agama RI.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.
Fedyani, A. Syaifuddin. 2005. Antropologi Kontemporer: Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma. Jakarta: Prenada Media.
Giddens, Anthony. 1990. The Consequences of Modernity. Cambridge: University Press.
Hamka. 1959. Tasawuf Modern. Jakarta: Jaya Bakti.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: Literasi Nusantara.
Hersey dan Balanchard. 1977. Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources. New Jersey: Prentice Hall.
Husaini, Usman. 2009. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Joiner, Bill & Josephs, Stephen. 2007. Leadership Agility: Five Levels of Mastery for Anticipating and Initiating Change. San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc.
Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.
Makmun, H.A. Rodli. 2014. “Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kabupaten Ponorogo,†Cendekia, Vol. 12, No. 2, Juli-Desember.
Mardiyah. 2010. “Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi: Studi Multikasus Pondok Modern Gontor Ponorogo, Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, dan Pesantren Tebuireng Jombangâ€. Disertasi------UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Mas’ud, Abdurrahman. 2004. Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi. Surabaya: Jawa Pos Press.
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
May, Abdurrachman. 2013. “Resistensi Aliran Salafi Terhadap Islam Tradisional di Lombok Barat, Nusa Tenggara Baratâ€. Jurnal Media Bina Ilmiah, Vol. 7, No. 6, Desember.
Muhsin, Ali. 2016. “Resolusi dan Manajemen Konflik di Institusi Pendidikan Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Ichsan Brangkal Sooko Mojokertoâ€. Disertasi-----UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Mulyanto, Dede. 2016. “Karl Marx, Antropologhits (Resensi Buku)â€. UMBARA: Indonesian Journal of Anthropology, Vol. 1, No. 1, Juli.
Muryono, Widi. “KH Ahmad Basyir Jekulo Kudus, Sang Mujiz Dalail al-Khairat†dalam bangkitmedia.com. Diakses pada 9 Januari 2022.
Mustopa, Ali. 2020. “Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Kediri†Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, Vol. 1, No. 1.
Nashrullah, Nashih. “Total 200 Pesantren di Kuningan, 20 Diantaranya Mati Suriâ€, Republika.id, (Rabu 23 Oktober 2019), https://republika.co.id/berita/q02uxt313/dunia-islam/islam-nusantara/19/10/23/pztr7c320-total-200-pesantren-di-kuningan-20-di-antaranya-mati-suri
Nasir, M. Ridlwan. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nawawi dan Hadari, Martini. 1995. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Pabbajah, M. T. H & Pabbajah, Mustaqim. 2020. “Peran Pondok Pesantren Salafiyah terhadap Revitalisasi Pendidikan Islam (Studi pada Pondok Pesantren Salafiyyah Parappe, Campalagian, Polman). Educandum, Vol. 6, No. 2, November.
Pebrianti, Charoline. “Ini Penyebab Kematian Santri yang Tewas Dikeroyok Gegara Curi Rp 100 Ribuâ€, detikNews, (Kamis, 24 Juni 2021), https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5618956/ini-penyebab-kematian-santri-yang-tewas-dikeroyok-gegara-curi-rp-100-ribu
Pramitha, Devi. 2017. “Kepemimpinan Kyai dalam Mengaktualisasikan Modernisasi Pendidikan Pesantren di Perguruan Tinggi (Studi Interaksionisme Simbolik di Ma’had Sunan Ampel Al-‘Aly UIN Maliki Malang)â€. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 4, No. 1 Juli-Desember.
Qomar, Mujammil. 2007. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Rahardjo, Dawam. 1988. Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.
Raharjo, Dawam. 1988. Pesantren dan Pembaruan. Jakarta: LPES.
Robbins, Stephen P. 1983. Esentias of Organizational Behavior. New York: Prentice-Hall.
Shodiq, Abdulloh. 2019. Pengembangan Kurikulum Pesantren Mu’adalah. Batu: Literasi Nusantara Abadi.
Soebahar, Abd Halim. 2013. Modernisasi Pesantren: Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKiS.
Soehardjono. 1998. Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Singkat tentang Pemimpin dan Kepemimpinan serta Usaha-usaha Pengembangannya. Malang: APDN Malang Jawa Timur.
Stanfield, Jack. 2008. Modernity, A World of Confusion: Effects. New York: Xlibris Corporation.
Steenbrink, Karel A. 1986. Pesantren, Sekolah, Madrasah: Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen. Jakarta: LP3ES.
Sudarwan, Danim. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajaran, Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Syarifuddi. “Biografi KH Ahmad Basyir Jekulo Kudus†dalam Laduni.id Diakses pada 9 Januari 2022.
Toulmin, Stephen. 1982. Cosmopolis: The Hidden Agenda of Modernity. Chicago: Chicago University Press.
Wahid, Abdurrahman. 2001. Menggerakkan Tradisi: Esai-esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS.
Wiranata, Ricky Satria. 2019. Tantangan, Prospek dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Depok, Komojoyo Press.
Zarkasyi, Imam. 1965. Panca Jiwa Pondok Pesantren. Yogyakarta: Kongress Ummat Islam.
Zuhri, Saifuddin. 1987. Berangkat dari Pesantren. Jakarta: Gunung Agung.