Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren di Era Modern

  • Abul Hasan Al Asyari Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Artikel ini mengkaji tantangan sistem pendidikan pesantren di era modern. Dewasa ini pesantren telah mengalami pasang surut arus derasnya globalisasi mulai awal perjalanan pesantren ada di Nusantara hingga kini pesantren tetap berdiri kokoh dan melalui fase itu. Riset ini menggunakan library research (kajian pustaka) dengan referesni yang fokus tema nya terkait. Hasil dari riset ini bahwa sistem pendidikan di era saat ini harus diintregasikan, seperti kurikulum, menjamen, pengorganisasian, perencanan, dan pengawasan. Karena hal inilah yang mampu membawa sebuah pesantren tetap eksis di tengah arusnya zaman dan sosok figur kiai menjadi salah satu kekuatan inti pondok pesantren. Dalam konteks lingkungan seperti lingkungan sekitar pesantren, atau lembaga pendidikan, tidak hanya dinilai dari konsep keilmuan yang dikembangkan atau beberapa aspek yang telah disebutkan di atas saja, akan tetapi pesantren atau lembaga tersebut berpengaruh terhadap pemahaman keagamaan masyarakat pesantren, atau sejauh mana pesantren dapat mewarnai masyarakat sekitar pesantren yang sangat dinamis di tengah kemajuan modernitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allan, Ronald. 2004. Jihad Pondok Pesantren. Yogyakarta: Gava Media.

Ambary, Hasan Muarif. 2001. Menemukan Peradaban: Jejak Arkeologis dan Historis Islam Di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Arifin, Muzayyin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Engku, Iskandar. Siti Zubaidah. 2014. Sejarah Pendidikan Islami. Bandung: PT. Rosda Karya.

Hasyim, Muhammad. 2016. “Modernisasi Pendidikan Pesantren dalam Perspektif KH. Aburrahman Wahid”. Cendekia. Vol. 2. No. 2. Desember.

Hidayatullah, Sukron. 2018. “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Life Skill Santri (Studi Pondok Pesantren Al-Falah Gunung Kasih Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus)”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Junaidi, Achmad. 2010. Gus Dur Presiden Kiai Indonesia. Surabaya: Diantama.

Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Mu’awanah. 2009. Manajemen Pesantren. Kediri: STAIN Kediri Press.

Nasir, M. Ridlwan. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puja. Satra Indonesia: Buku Biografi Kiai Pesantren. http://sastra-indonesia.com/ 2009/12/bukubiografi-kiai pesantren. Diakses pada tanggal 09 September 2022.

siroj, Sa’id aqil. 1999. Pesantren Masa Depan: Wacana Pendidikan dan Tranformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah.

Soebahar, Abd. Halim. 2013. Modernisasi Pesantren. Yogyakarta: LKiS.

Steenbrink, Karel A. 1994. Pesantren, Madrasah Sekolah: Pendidikan dalam Kurun Waktu Modern. Jakarta: LP3ES. Cet. II.

Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya. Cet. ix.

Tim pengembang ilmu pendidikan FIP. UPT. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendididkan Bagian IV Bagian Bidang Lintas Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Yasmadi. 2005. Modernisasi Pesantren Kritik Nurcholis Majid terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Pustaka Pesantren.
Published
2022-01-15
How to Cite
AL ASYARI, Abul Hasan. Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren di Era Modern. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 127-143, jan. 2022. ISSN 2809-9753. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/risalatuna/article/view/1572>. Date accessed: 21 may 2022. doi: https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1572.
Section
Articles