Upaya Kiai Misbahul Munir dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Pondok Pesantren Gubug Al-Munir Sememu Melalui Istighosah Rutin setiap Malam Kamis

  • Siti Mutmainah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Artikel ini akan membahas tentang upaya kiai Misbahul Munir dalam meningkatkan minat belajar santri di pondok pesantren Gubug Al-Munir melalui pembacaan sholawat, pengajian kitab Al-Hikam dan pembacaan istighosah setiap malam kamis. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil riset menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan kiai Misbahul Munir dalam meningkatkan minat belajar santri di pondok pesantren Gubug Al-Munir yaitu menenangkan hati santri dengan membaca sholawat burdah sebelum pembelajaran berlangsung. Secara perlahan kiai mengajarkan para santri untuk membentuk karakter muslim agar hidupanya menjadi bermakna, tenteran dan indah. Setelah membaca kitab Al-Hikam, kiai menutup kegiatan di pondok pesantren dengan membaca istighosah agar hati santri tentram dan apa yang sudah diajarkan mantap dalam hati para santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Crow dan L. Crow. 1998. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu

Al-Albani, Muhammad Nashiruddin. 2006. Ringkasan Shahih Muslim Jilid 2. Jakarta: Pustaka Azzam

Arifin, Imron. 1993. Kepemimpinan Kiai. Malang: Kalimasahada Press

Buchori. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Aksara Baru

Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Depag RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam

Dewi, Suhartini. 2001. Minat Siswa Terhadap Topik-Topik Pelajaran dan Beberapa Faktor yang Melatar Belakanginya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Dhofier, Zamakhsyari .1982. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3S

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008.  Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Elyas, Papa Luis Maluf. 1998. Munjid fil Lughoh Wa a’ala. Libanon: El Mucheg, Beirut

Ghozali, Muhammad Lutfi. 2011. Percikan Samudra Hikmah: Syarah Hikam Ibnu Atha’illah As-Sakandari. Jakarta: Prenada Media Group

Hasan, Muhammad Tholchah. Santri Perlu Wawasan Baru.

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Indra, Hasbi. 2003. Pesantren dan Transformasi Sosial: Studi Atas Pemikiran K.H. Abdullah Syafi’ie Dalam Bidang Pendidikan Islam. Jakarta: Penamadani

Lubis, Saiful Akhyar. 2007. Konseling Islami Kiai dan Pesantren. Yogyakarta: eLSAQ Press

Arifin. 1991. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara
Sulthon Masyhud dan Moh. Khusnuridlo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Seri INIS XX. Jakarta: INIS

Moleong, L.J. 2001. .Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Muhammad, Ali. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Nasuha, Chozin. 1999. Epistimologi Kitab Kuning. Bandung: Pustaka Hidayah

Noor, Mahpuddin. 2006. Potret Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora

Qomar, Mujamil. 2008. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga

Rahma, Siti. 2011. Pengaruh Kegiatan Istighosah Terhadap Pembentukan Akhlaq Siswa di Darussalam Tambak Madu Surabaya. Surabaya: Skripsi Tidak Ditemukan

Rais, Amien. 1989. Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta. Bandung: Mizan

Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: APSI Pusa

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sujanto, Agus. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sumadi, Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Surakhmad,  Winarno. 1994. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengarahan. Bandung: TARSITO

Tim Dosen FIP IKIP Malang. 1988. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Usaha Nasional

Umari, Barmawie. 1993. Sistematika Tasawuf. Solo: Romadloni

UU Sidiknas Nomor 20 tahun 2003 Pasal 3. 2017. Tujuan Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

UU Sidiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 30. 2017. Pendidikan Keagamaan. Bandung: Citra Umbara
Published
2022-01-15
How to Cite
MUTMAINAH, Siti. Upaya Kiai Misbahul Munir dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Pondok Pesantren Gubug Al-Munir Sememu Melalui Istighosah Rutin setiap Malam Kamis. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 98-126, jan. 2022. ISSN 2809-9753. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/risalatuna/article/view/1571>. Date accessed: 21 may 2022. doi: https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1571.
Section
Articles