Strategi Mendirikan dan Mengembangkan Pesantren Al-Istiqomah Kebonagung Sukodono Lumajang

Authors

  • Nurul Ma'rifah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1570

Keywords:

Strategi, Mendirikan, Mengembangkan Pesantren

Abstract

Artikel ini akan mengulas tentang strategi dalam mendirikan dan mengembangkan pondok pesantren Al-Istiqomah Kebonagung, Sukodono Lumajang. Fokus riset pada pengasuh pondok pesantren Al Istiqomah yakni KH. Abdullah Mufid. Riset ini fokus pada bagaimana strategi dalam mendirikan dan pengembangkan serta faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakannya. Artikel ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Hasil riset mengatakan bahwa ada beberapa strategi dalam mendirikan pesantren Al-Istiqomah yaitu: manajemen diri, organisasi, lounching dan publikasi program. Dalam proses mengembangkan pesantren Al-Istiqomah ada beberapa strateginya, yaitu: mengetahui peluang, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung dan penghambat dalam mendirikan pesantren Al-Istiqomah diantaranya yaitu: Faktor pendukung dari segi internal yaitu dukungan dari keluarga, Faktor pendukung dari segi eksternal yaitu dukungan dari masyarakat, wali murid dan alumni. Faktor penghambat dari segi internal ialah kurangnya tempat mengaji dan biaya. Dari segi eksternal ialah persaingan antar lembaga pendidikan. Faktor pendukung segi internal ialah potensi sumber daya manusia yang baik. Serta keunikan model pendidikan yang ada di pesantren Al-Istiqomah. Faktor pendukung dari segi eksternal yaitu adanya dukungan dan komunikasi yang baik antar pengasuh dengan masyarakat, wali murid dan alumni. Faktor penghambat dari segi internal ialah perbaikan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di pesantren. Faktor penghambat dari segi eksternal, yaitu persaingan antar lembaga pendidikan yang ada di sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Moh. Nur. Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Al-Amien Kelurahan Rejomulyo Kota Kediri Tahun 1995-2016. (Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2017), bab 4, http://digilib.uinsby.ac.id/21129/7/Bab%204.pdf

Arifin, Zainal. 2018. Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Daulay, Haidar Putra. 2012. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Departemen Agama RI. 2003. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Ditpekapontren Ditjen kelembagaan Agama Islam Departemen Agama.

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Kyai. Jakarta: LP3ES.

Faris, Ahmad. Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pendidikan Pesantren. ‘Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman 8(1), Juni (2015); 123-144. <http://jurnal.instika.ac.id/index.php/AnilIslam/article/view/39>.

Hafidhuddin, Didin. 2003. Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Hasan, Muhammad Tholhah. 2006. Dinamika Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lanbora Press.

Jabbar, Moh. Tasi’ul., Anam, Wahidul., Humaidi, Anis. Upaya Kiai dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning. EDudena 1(1), Februari (2017); 43-52.

K, Soekarno. 1968. Dasar-dasar Management. Jakarta: CV Telaga Bening.

Ma’arif, Syamsul. 2015. Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Observasi, Latar Belakang Lembaga Pesantren Al Istiqomah Kebonagung Sukodono Lumajang

Pananrangi, Andi Rasyid. 2017. Manajemen Pendidikan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Pimay, Awaludin. 2005. Paradigma Dakwah Humanis. Semarang: RaSAIL.

Qomar, Mujamil. 2007. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Shulhan, Muwahid., Soim. 2013. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Sugiarti, Diyah Yuli. .Strategi Pengembangan Pondok Pesantren dalam Membangun Peradaban Muslim di Indonesia. Edukasi 3(1), Maret (2011); 8-37.

Sugono, Dendy. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Syarif, Zainuddin. “Manajemen Kepemimpinan Kiai Dan Kontribusinya Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren”. FIKROTUNA 6, no. 2 (December 28, 2017). http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3112.

Takdir, Mohammad. 2018. Modernisasi Kurikulum Pesantren. Yogyakarta: IRCiSoD.

Tholkhah, Imam., Barizi, Ahmad., Fadjar, H.A. Malik. 2004. Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian II - Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Wijaya, Agus., Purnomolastu, N., Tjahjoanggoro, A.J. 2015. Kepemimpinan Berkarakter. Sidoarjo: Brilian Internasional.

Downloads

Published

2022-01-15

How to Cite

Ma’rifah, N. (2022). Strategi Mendirikan dan Mengembangkan Pesantren Al-Istiqomah Kebonagung Sukodono Lumajang. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 70–97. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1570

Issue

Section

Articles