Peran Pengurus Pesantren dalam Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Raudlatur Rochmaniyah Lumajang

Authors

  • Nur Muslimah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1569

Keywords:

Pengurus, Kepemimpinan, Pesantren

Abstract

Artikel ini akan membahas tentang peranan pengurus pondok pesantren Raudlatur Rochmaniyah Lumajang dalam menanamkan jiwa kepemimpinan santri dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Riset ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran pengurus dalam menanamkan jiwa kepemimpinan santri dan faktor pendukung nya serta hambatan dalam melaksanakan proses itu. Riset ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Hasil riset menunjukkan bahwa para pengurus memaksimalkan peranannya sebagai pemimpin dengan sikap kedisiplinan, memberikan contoh yang baik pada santri dan memantau peraturan serta hukuman yang diberikan kepada santri. Faktor pendukung dalam menanamkan jiwa kepemimpinan santri antara lain kesadaran diri sendiri dan pengaruh teman maupun guru (ustaz). Disisi lain faktor penghambat dalam proses menanamkan jiwa kepemimpinan santri terletak pada dirinya sendiri dan teman sebayanya. Jika santri tidak mendapatkan kontrol dari pengurus, maka faktor ini akan sulit untuk dihilangkan dalam menciptakan jiwa kepemimpinan santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Suryadharma. 2013. Paradigma Pesantren: Memperluas Horizon Kajian dan Aksi. Malang: UIN-Press.

Azmi, R. A. dan Hary, TA Prapancha. Evaluasi Jiwa Kepemimpinan Santri Ditinjau dari Kepemimpinan Kenabian. Jurnal Spirits 4(1), November (2013); 21-32.

Farihatunnafsiyah, Sayyida., Hidayat, Iwan Wahyu. Strategi Pembentukan Karakter Kepemimpinan di Pesantren Tebuireng. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan 6(3), Desember (2017); 1-18.

Farikhah, Siti. 2015. Manajemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kadrusman, Dadang. Natural Intelligence Leadership. Jakarta: Penerbit Raih Asa Sukses. 

Kartono, Kartini. 2004. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo.

Kompri. 2018. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marno dan Supriyanto, Triyo. 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama, Cet. I.

Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit TERAS.

Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, R. I. S. Peran Pengurus Pondok Pesantren dalam Pembinaan Karakter Kedisiplinan Santri di Pondok Thoriqul Huda Ponorogo. Jurnal Asketik: Jurnal Agama & Perubahan Sosial 3(2), Desember (2019), 189-195.

Qomar, Mujamil. 2012. Pesantren dari Transformasi Metodologi  Menuju Demokratisasi Institusi. Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Ramdhani, Khalid. Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Kepemimpinan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani 1(2), Juli (2017); 205-220.

Sarwono dan Sarlito. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Silalahi, TB. 2013. Pemimpin Masa Depan. Jakarta: PT Temprina Media Grafika, Cet-II.

Siswanto dan Agus Sucipto. 2008. Teori dan Perilaku Organisasi. Malang: UIN-MalangPress.

Sulthon, M. dan Khusnuridlo, M. 2006. Manajemen Pondok Pesantren Dalam Perspektif Global. Jember: LaksBang PRESSindo.

Downloads

Published

2022-01-15

How to Cite

Muslimah, N. (2022). Peran Pengurus Pesantren dalam Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Raudlatur Rochmaniyah Lumajang. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 50–69. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1569

Issue

Section

Articles