The Application of Qiroati Method in Learning to Read Qur'an on Elementary Students in Pesantren Abu Fayyad At-Tijaniy Al-Islami Randuagung Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.54471/rjps.v1i2.1251Keywords:
Penerapan Metode Qiroati, Pembelajaran Membaca al-Quran, Anak Usia Sekolah DasarAbstract
Metode qiroati adalah metode belajar membaca Al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Pesantren Abu Fayyat Atijani Al Islami Tunjung Randuagung Lumajang merupakan pesantren tradisional yang hingga saat ini masih menerapkan metode tersebut dan dikhususkan kepada pemula atau santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan tujuan untuk memperoleh data dan mendiskripsikan sesuai dengan yang ditemukan. Kesimpulannya adalah Implementasi metode qiroati dilakukan dengan cara membaca secara langsung (tanpa dieja), santri dituntut untuk selalu aktif dalam belajar membaca al-Qur'an dan terakhir dilakukan Evaluasi. Langkah-langkah implementasi metode qiroati dilakukan dengan cara praktis, sederhana, sedikit demi sedikit, merangsang murid untuk saling berpacu. Setelah semua tau mengajarkan qiroati tidak boleh menambah pelajaran baru sebelum bisa membaca dengan benar dan cepat, tidak menuntun untuk membaca, dan waspada terhadap bacaan yang salah. Hasil dari penerapan Metode Qiroati antara lain santri mudah mengingat huruf yang ada dalam buku qiroati, antusias dan semangat santri dalam belajar membaca Al-Qur’an, asatidz mudah mengatahui perkembangan santri dan menciptakan lulusan yang fasih dan lancar dalam membaca Al-Qur’an.
Downloads
References
Al-A'zami. 2005. Sejarah Teks Al-Qur'an dari Wahyu sampai Kompilasi. Jakarta: Gema Insani Press.
al-Qur’an, 75:17-19.
Arifin, M. 1996. Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat, Zakiah. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara: Jakarta.
Departemen Agama RI. 2001. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Toha Putra.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Farid, Maksum. 1992. Cepat Tanggap Belajar Al- Qur‟an An-Nahdliyah. Tulungagung: LP. Ma‟arif.
Gunawan, W. Adi. 2002. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Harapan. 2002. Penjelasan Lengkap Pembelajaran Metode Qiroati. Depok: Laboratorium Pengembangan Metode Qiroati.
Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Lutfi, Ahmad. 2004. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Jakarta: Departemen Agama RI.
Masyhud, Sulthon & Khusnurdilo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka Jakarta.
Mukhtar. 1996. Materi Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Direktorat Pembinann Kelembagaan Agama Islam: Universitas Terbuka.
Munawwir. 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Proressif.
Murjito, Imam. Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur‟an Qira’ati. Semarang: Koordinator Pendidikan Al-Qur’an.
Prasetyo, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Penerbit Think.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Persada Media.
Sudjana, Nana. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Surya, Hamad. Hasim, Abdul & Suwarno, Rus Bambang. 2010. Landasan Pendidikan Menjadi Guru Yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Syarifuddin, A. 2004. Mendidik Anak Membaca, menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Perss.
Taufiqurrohman. 2005. Metode Jibril PIQ-Singosari Bimbingan KHM. Bashori Alwi. Malang.
Team Penyusun Phoenix. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Media Pustaka Phoenix.
Undang-Undang Sidiknas 2009, Bab 3, Pasal 3, Ayat 1. 2005. Jakarta: Sinar Grafika.
Yasid, Abu. dkk. 2018. Paradigma Baru Pesantren. Yogyakarta: IRCiSoD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Risalatuna: Journal of Pesantren Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.