Analisis Faktor-Faktor Bisnis Multi Level Marketing Terhadap Kebebasan Finansial Distributor pada PT. K-Link Syariah Lumajang

  • Devina Mara Qonitatillah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Dalam penelitian ini, yang akan di analisa adalah bisnis jaringan MLM Syariah sebagai praktek nyata dari kegiatan bisnis MLM. Dimana, banyak yang menganggap MLM sebagai cara terbaik untuk  mendapatkan finansial, dan merupakan terobosan yang akan memberikan banyak “peluang” bagi yang menekuninya. Peluang  untukmendapatkan penghasilan yang lebih besar  secara  cepat,  serta  merupakan  cara untuk bebas secara finansial


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Alat  analisis  yang  digunakan  adalah  uji  validitas  dan reliabilitas  untuk  mengetahui  ketepatan  dan  kemantapan  suatu  alat  ukur.  Dan regresi  linier  berganda  untuk  mengetahui  hubungan  dan  pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat.Uji t digunakan untuk mengetahuim hipotesis yang dikemukakan.


Adapun kesimpulan penelitian ini 1). perekrutan anggota baru (jenjang atau level), Sistem pendidikan dan pelatihan,  Penjualan produk, tidak berpengaruh secara signifikan  sedangkan komisi dan bonus, berpengaruh terhadap kebebasan finansial Distributor secara signifikan 2).  yang memiliki penagaruh dominan adalah komisi dan bonus terhadap kebebasan finansial Distributor PT. K-Link Syariah Lumajang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagong, Suyanto. 2006. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana.
Dewi, Gemala 2005. Hukum Perikatan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Fauzia, Ika Yunia. 2018. perilaku bisnis dalam jaringan pemasaran ( studi kasus pemberian kepercayaan dalam bisnis multi level marketing syariah (MLMS) pada helba penawar al-Wahida(HPA) di surabaya). Surabaya. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.
Gomes, Faustino Cardoso. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Ofset.
H.Komara, Djoko. 2012. Buku Kerja Fondation pack. PT. K-link Indonesia.
Harefa, Andreas 1999. Multi Level Marketing. Jakarta: Gramedia.
Harianto, Muhsin. 2009. Fiqih Kontemporer,Yogyakarta : Kapita Selekta.
Huges dan kapoor. 2018. Pengantar Bisnis.Jakarta: Mitra Selemba empat.
Jannah, Nurul. 2014. Pengaruh Prosedur Pembiayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Pada Bmt Ugt Sidogiri Capem Ranuyoso Lumajang. Institut Agama Islam Syarifuddin.
Kiyosaki, Robert T. 2008. The Business School. Jakarta: Gramedia.
Mahardika, Alifa. 2018. Hubungan antara kreativitas verbal dengan motivasi berprestadi distributor MLM high desert. Malang.
Nailil. 2018. Strategi Pengembangan Jaringan Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Syari’ah AHAD NET sebagai Upaya Penentuan peringkat dan Insentif.
Piblishing, Mic.2016. The Secret Of MLM. Surabaya: PT. Insan Cemerlang.
Priyatno, Duwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Randal S. dan Jackson, Susan E, 1996, Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga, Jakarta.
Rivai, 2005. Evaluasi Program Pelatihan, Surabaya: Pustaka Pelajar.
Rozi, Moch. Fachrur. 2005. Kontroversi Bisnis MLM, Yogyakarta : Penerbit Pilar Humania
Santoso, Singgih. 2004. SPSS Versi 14. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Schermerhorn, Jhon R. 1997. Manajemen . Yogyakarta : Andi.
Siagian, Sondang P, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Sopian. 2004. Kontroversi Bisnis Aa Gym: Koreksi untuk pengagum Aa Gym dan Pecinta MLM. Jakarta : Penerbit Pustaka Medina
Sringimbun dan efendi. 1989. Metode penelitian survei. Jakarta : Soerjono.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhargin, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhendi, Hendi. 2005. Fiqih Muamalah. Jakarta: Raja Grafindo
Sulaiman. 2018. Sistem multi level marketing (MLM) dalam perspektif etika bisnis islam.
Umar, Husein. 2003. Metode Penelitian Tesis, dan Bisnis. Jakarta: Raja Grapindo.
Wijoyo, Slamet. 2005. Manajemen Potensi Diri. Jakarta: Grasido.
Published
2020-10-19
How to Cite
QONITATILLAH, Devina Mara. Analisis Faktor-Faktor Bisnis Multi Level Marketing Terhadap Kebebasan Finansial Distributor pada PT. K-Link Syariah Lumajang. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-18, oct. 2020. Available at: <https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna/article/view/703>. Date accessed: 01 dec. 2020.
Section
Articles