Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Al-Farabi dengan Generasi Z
Keywords:
Pendidikan Islam, Al-FarabiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran filosofis Al-Farabi tentang pendidikan Islam. Artikel ini menggunakan jenis penelitian library reseach (kepustakaan) dengan menggunakan analisis deskriptif tentang pemikiran pendidikan Islam Al-Farabi dan relevansinya terhadap generasi Z yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang data yang ditemukan, kemudian diolah dan dianalisis sesuai teori yang ada. Al-Farabi membagi intelejensia menjadi tiga bagian yaitu akal aktual, akal potensial, dan akal capaian. Ketiga bagian tersebut merupakan gambaran bagaimana akal manusia digunakan dan mentransformasi pengetahuan. Pemikiran Al-Farabi tentang pendidikan Islam membagi klasifikasi pembelajaran menjadi beberapa aliran yakni konservatif, religius nasionalis dan pragmatis. Klasifikasi aliran tersebut untuk membantu untuk mencapai kecerdasan intelektual dan moral praktis. Gen Z yang saat ini masih dalam masa pembelajaran menjadi objek pendidikan yang cenderung berkembang secara intelektual karena mereka sejak lahir sudah dekat dengan teknologi, akan tetapi secara moralitas mereka membutuhkan bimbingan. Tujuan pendidikan Islam menurut Al-Farabi membentuk manusia yang sempurna, hal tersebut masih sangat relevan dengan gen Z, perkembangan teknologi yang semakin maju harus diimbangi dengan penguatan nilai moral sehingga dapat terbentuk intelektual yang cerdas dan perilaku yang baik pula.
Downloads
References
Adil, M. “Pemikiran Filosofis Pendidikan Islam Al-Farabi dan Ibnu Sina”. lpmaceh.kemdikbud.go.id, 29 Mei 2017. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=450
Ahmad, Gunaldi. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Al-Farabi”. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, Vol. 01, No. 01 (April, 2020): 48-64.
Ardiansyah, Andri. “Pemikiran Filsafat Al-Farabi dan Ibnu Sina”. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, Vol. 4 No. 2 (Oktober, 2020): 168-183.
Drajat, Amroeni. 2006. Filsafat Islam: Buat Yang Pengen Tahu. Jakarta: Erlangga.
Fajarudin, Akhmad Afnan. “Transformasi dan Respon Pendidikan Islam dalam Disruption Era”. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 1 (Februari, 2021): 75-88. DOI: https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v5i1.9
Firdaus, Ahmad, Moh D Noor, Khairunnisa A Shukor. “Al-Farabi dalam Sumbangan Kepada Perkembangan Ilmu Falsafah Islam. Al-Munzir, Vol. 13. No. 1 (Mei, 2020): 73-88.
Hastini, Lasti Yossi, Rahmi Fahmi, Hendra Lukito. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?”. JAMIKA Jurnal Manajemen Informatika, Vol. 10 No. 1 (April, 2020): 12-28.
Humaedah dan Mujahidin Almubarak. “Pemikiran al-Farabi tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Kontemporer”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, Vol. 10, No. 1 (Januari-Juni, 2021): 104-113.
Idris, Haidar, Ahmad Ihwanul Muttaqin, dan Akhmad Afnan Fajarudin. “Fenomena Fomo; Pandangan Al-Qur’an tentang Pendidikan Mental dan Keseimbangan Kehidupan Generasi Millenial”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 16, No. 2 (Agustus, 2023): 145-157. DOI: https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v16i2.2678
Imron Nur Syafaat dan Moch. Shohib. “Implementasi Konsep Pendidikan Karakterdalam Idatun Nasyi’in Terhadap Generasi Milenial”. At-Ta`lim, Vol.7 No.2 (2021): 92-114.
Rofiq, Noor, Imam Sutomo, Mushbihah Rodliyatun. “Perbandingan Pemikiran Kurikulum Al-Farabi dengan Ibnu Sina dan Relevansinya dengan Pendidikan Masa Kontemporer”. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 12 (Desember, 2022): 5765-5774.
Sholihah, Nur Hikmatus. 2023. “Konsep Pendidikan Akhlak bagi peserta didik generasi Z di Era Industri 4.0”. Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Wiyono, M. “Pemikiran Filsafat Al-Farabi”. Substantia, Vol. 18, No. 1 (April, 2016): 67-80.
Zahroh, Aminatuz. “Pengaruh Pendidikan dalam Pengembangan Potensi Manusia”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 2 (Agustus, 2016): 208-221.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imron Nur Syafaat, Muhammad Masyhuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.