Implementasi Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Al fattah Karangsari Sukodono

Authors

  • Gusboy Hasim Pascasarjana Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Mohammad Fawaid Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali, Indonesia
  • Syamsul Arifin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al Fattah karangsari Sukodono dan faktor pendukung serta penghambatnya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian lapangan (field research). Jenis penelitian dan pendekatan ini digunakan untuk mengungkapkan berbagai informasi dan gambaran mengenai data-data tentang implementasi pendidiikan karakter di Pondok Pesantren Al Fattah karangsari Sukodono. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi pendidikan karakter Pondok Pesantren Al Fattah karangsari Sukodono bertujuan agar santri mampu mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan yang terkandung dalam al Qur’an. Implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Tahfidzul Al Fattah karangsari Sukodono dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai karakter disetiap kegiatan pesantren. Selanjutnya, ada dua faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter Pondok Pesantren Al Fattah karangsari Sukodono yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung diantaranya kepengurusan yang baik, peran pengasuh, peran asatid, lingkungan. Dan faktor penghambatnya adalah adanya sifat malas, rasa jenuh, rasa kantuk saat belajar, dan santri sulit diatur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Ahmadi, R. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM, 2006.

Anwar, Muhammad Jafar. Membumikan Pendidikan Karakter: Implementasi Pendidikan Berbobot Nilai dan Moral. Jakarta: CV. Suri Tatu’uw, 2015.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2004.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Hasil wawancara dengan Ahmad Akbar Ramadani pada Tanggal 27 Januari 2023.

Hasil wawancara dengan bapak KH. As’at Malik pada tanggal 27 Januari 2023.

Hasil wawancara dengan bapak Syaichol Imam S.Pd salah pada tanggal 27 Januari 2023.

Hidayati, Abna. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2016.

Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo, 2010.

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2013.

Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Terj. dari Education for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility oleh Juma Abdu Mawaungo. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Majid, Abdul. Pendidikan Kaakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosydakarya, 2017.

Muhaimin. Pesantren dalam Bingkai Mutu Pendidikan Global: Meretas Mutu Pendidikan Pesantren Masa Depan. Semarang: Rasail Media Group, 2011.

Muttaqin, Ahmad Ihwanul. “Modernisasi Pesantren; Upaya Rekonstruksi Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran Abdurrahman Wahid Dan Nurcholish Madjid”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 7, No. 2 (August 15, 2014): 66–98. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/55.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia, 2019.

Samani, Muchlas. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Santi dan Ahmad Ihwanul Muttaqin, “Internalisasi Soft Skill Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS. Miftahul Midad Lumajang”, Khazanah: Jurnal Edukasi, Vol. 3, No. 2 (September 2021), 217-234. http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/43

Sugiarti, dkk. Desain Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.

Syaripudin, Tatang. Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012.

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Karakter Ajaran Tuhan. Bandung: PT Remaja Rosydakarya, 2018.

Tim Penulis Rumah Kitab. Pendidikan Karakter berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Renebook, 2014.

Zahroh, Aminatuz. 2019. Kepemimpinan Pesantren dan Perubahan Sosial. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 151–165. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i2.399

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Gruop, 2011.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Hasim, G., Fawaid, M., & Arifin, S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Al fattah Karangsari Sukodono. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(1), 10–33. Retrieved from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/mabahithuna/article/view/2603

Issue

Section

Articles