Mindful Parenting dalam Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Santri (Studi Epistemologi Dakwah di Pesantren Kyai Syarifuddin)
DOI:
https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v9i2.2501Keywords:
Mindful Parenting, Kemandirian, Prestasi, Pesantren, Epistemologi DakwahAbstract
Mindful Parenting dapat diartikan sebagai kesadaran orang tua dalam memberikan perhatian, bertujuan dan tidak memberikan label atau penilaian negatif terhadap anak. Dengan melihat pola asuh yang diterapkan di Pondok Pesantren Ky. Syarifuddin asrama putri Dhalem Timur, diharap penelitian ini mampu mengkaji bagaimana peran Mindful Parenting dalam membantu pengasuh Pondok Pesantren Dalem Timur untuk mencetak kemandirian dan prestasi santri. Mindful Parenting merupakan salah satu jenis parenting yang mengutamakan pada kesadaran penuh orang tua dalam mengasuh anak, dimana dalam penerapannya Mindful Parenting berperan pada lima prinsip utama yaitu : mendengarkan dengan penuh perhatian, penerimaan diri dan anak, kesadaran emosi diri dan anak, pengaturan diri saat mengasuh, serta kasih saying diri dan anak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan dengan cara memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dalam studi epistemologi dakwah. Dari hasil penelitian yang ditemukan bahwa secara umum asrama putri dalam timur menerapkan pola parenting yang fleksibel. Guna menumbuhkan kemandirian santri asrama putri dalam timur menerapkan pembiasaan secara bertahap terhadap santri baru dengan didampingi oleh santri senior, Sedangkan guna meningkatkan prestasi santri, asrama mengklasifikasikan bakat minat dan kemampuan santri dengan dipandu oleh tenaga profesional di masing-masing bidangnya.
Downloads
References
Afiatin, T. (1993). Presepsi Pria dan Wanita Terhadap Kemandirian. Jurnal Psikologi, 8.
Ahmadi, A. d. (2004). Psikologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Aiyuda, N. (2019). ART THERAPY. Nathiqiyyah: Jurnal Psikologi Islam, 151.
Amelia, W. (2016). Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow Learner. JURNAL ILMU KESEHATAN AISYAH VOLUME 1 NO. 2 , 55.
Arifin, Z. (2011). penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Association., A. A. (2013). What is Art Therapy? Retrieved from, 1-2.
Drs. Beni Ahmad Saebani, M. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hermawan, D. (2008). Mencetak Anak Cerdas. Solo: Smart Media.
Izzi, A. ( 2018). PERAN PESANTREN DALAM MENGONTROL PERILAKU SANTRI (Studi Pondok Pesantren Al-Hidayah Asshomadiah Sukorejo, Pasuruan). Skripsi, Universitas Sunan Ampel Surabaya, 2.
Kumalasari, D. (2016). Faktor-faktor Objektif dan Subjektif yang Memprediksi Mindful Parenting Pada Ibu di Indonesia. Jurnal Ilmiah Psikologi, 45.
M. Yuliansyah, D. (2019 ). Seminar Nasional Social, Humaniora, Science And Technologi In Disruption Era. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary .
Mahardika, B. (2017). Implementasi Metode Art Therapy dalam Mencerdaskan Emosional Siswa. utile Jurnal Kependidikan , 117..
Marsudi, S. (2006). Permasalahan Dan Bimbingan Di Taman Kanak-Kanak. Surakarta: UMS Tidak diterbitkan.
masfufah, D. (2019). Pola-pola Pendidikan Kemandirian Pada Anak Taman Kanak-kanak di PG TK Al- Zaitun. Skripsi, Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya, 16.
Moleong, L. J. ( 2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mubarok, P. P. (2016). Program Pengasuhan Positif Untuk Meningkatkan Keterampilan Mindfull Parenting Orang Tua Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi, 36.
Muhammad, F. (2019). Peran Pondok Pesantren Terhadap Kegiatan Bisnis di Kampung Madinah Desa Temboro Kec Karas Kab Magetan Analisis Etika Bisnis. Tesis, Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya, 36.
Nguyen, M. (2015). Art Therapy– A Review of Methodology. 1.
Nur Zuhria, Z. F. (2020). Mindfull Parenting dan Medikal Mediation dalam Perspektif Islam dan Psikologi. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 87.
Nurmalasari, E. (2018). Biblioterapi Untuk Meningkatkan kemampuan Eksplorasi Karier Siswa Slow learner Di SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Skripsi, 8.
Rachman. Rio F. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Administrasi Pengarsipan di Surabaya. Idarotuna: Journal of Administrative Science 4 (1), 85-100
Sugito, N. H. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 914.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Syamsudin, A. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 405.
Umar, M. ( 2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmu Edukas, 20.
Yamin, M. &. (2013). Panduan PAUD (cet ke 1). Ciputat: Gaung Persada Press Group.
Aulina, Choirun Nisak, "Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini", Padagogia, vol. 2, no. 1, (Februari 2013), 42
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Solehuddin Rikza Hamdani, Saniatun Tiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam DAKWATUNA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di DAKWATUNAÂ bersifat akademik. DAKWATUNAÂ tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalahgunaan informasi dari situs ini.