Dakwah Modern Pada Era Konvergensi Media: Studi Kasus Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid

Authors

  • Nur Aisyah Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Sawiyatin Rofiah Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v8i2.1632

Keywords:

dakwah modern, konvergensi media, pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pondok Pesantren Nurul Jadid memanfaatkan era konvergensi ini sebagai media untuk berdakwah secara modern. Pondok Pesantren Nurul Jadid adalah salah satu Pondok Pesantren terkenal di Jawa Timur. Pesantren ini dikenal sebagai pesantren modern, karena dalam lingkungannya menerapkan budaya modern tanpa menghilangkan sisi tradisional di dalamnya. Di zaman yang semakin maju ini, penerapan dakwah modern sangat dianjurkan untuk menyampaikan ajaran islam kepada masyarakat milenial dengan menggunakan media-media modern sebagai wasilah antara da’i dan mad’u. Melihat zaman yang terus berkembang memungkinkan untuk penyampaian dakwah secara kreatif serta inovatif agar dapat menarik perhatian masyarakat maya kepada dakwah yang disampaikan. Didalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan teknik pengumpulan data, menganalisis data, wawancara serta observasi secara langsung. Hasil dari penelitian ini Pondok Pesantren Nurul Jadid sebagai Pesantren modern menerapkan media konvergensi sebagai media untuk mengajak orang lain dalam kebaikan, mengingatkan seseorang akan hari akhir, menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar dengan dakwah yang dikemas secara rapi dan modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, L., Muhlis, A., Fatoni, U., Sosial, M., Media, S., & Dormitory, I. (2020). Strategi Dakwah Santri dalam Menghadapi Berita Hoax di Media Sosial. 5(April), 148–167.
Ahmad, N. (2018). Rekontruksi Dakwahtainment sebagai media dakwah. Al Munzir, Vol. 19(No. 2), 113–134.
Aziz, M. S. (2019). Sosial Media Sebagai Sumber Informasi Dan Dakwah Jamaah Majelis Sholawat AlBanjari Koordinator Kecamatan Waru. Wasilatuna, 02(2).
Daulay, A., & Handayani, R. (2020). Youtube Sebagai Media Komunikasi Dalam Berdakwah di Tengah Pandemi. Hikmah, 15(No. 1), 123–138.
Fadlun. (2021). Desain Dakwah Islam Pada Masyarakat Industri 4.0 Dakwah Melalui Konten Video Ceramah Di Channel. An-Nida, 13(2), 107–113.
Faldiansyah, I. (2020). Dakwah Media Sosial : Alternatif Dakwah Kontemporer. Tawshiyah, 15(2), 36–58.
Ghofur, A. (2019). Dakwah Islam di Era Milenial. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(2), 25. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1557
Haqqu, R. (2020). ERA BARU TELEVISI DALAM PANDANGAN. Rekam, 16(1), 15–20.
Ilmiati, T. (2020). Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Naskah Wawacan Kean Santang Aji. Komunika, 3(2), 127–150.
Khumairoh, U. (2021). Dampak Konglomerasi Media Terhadap Industri Media Massa dan Demokrasi Ekonomi Politik di Era Konvergensi Media The Impact of Media Conglomeration on the Mass Media. Muqoddima, 7168(1), 63–78. https://doi.org/10.47776/MJPRS.002.01.05
Kusumah, M. W. (2020). Konvergensi Media Dakwah di Masa Pandemi Covid 19.
Latief, M. N. (2018). Dakwah dalam Perspektif Media Sosial. 04(1), 61–75.
Mamdud, R. (2019). Dakwah Islam di Media Massa. 3(1), 47–54.
Mujib, A. (2018). Pesan Al-Quran dalam Menyikapi Berita Hoax: Perspektif Dakwah di Era New Media. Jurnal Komunikasi Islam, 7(1), 42–65. https://doi.org/10.15642/jki.2017.7.1.42-65
Rahma, F. N., & Mada Wijaya Kusumah. (2020). YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Analisis Konten Dakwah Channel Muslimah Media Center 15-30 Juni 2020). Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19, 19, 41–54.
Ridho, M. (2021). Dakwah Islam Dalam Perspektif Komunikasi Massa. El-Hamra, 6(1), 551–556.
Rubawati, E. (2018). Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 126–142. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.510
Rustandi, R. (2019). Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1678
Santoso, B. R. (2019). Revitalisasi Metode Dakwah Anakronistis Dai Generasi Milenial. Tasamuh UIN Mataram, 17(1), 133–154. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/1350
Sediyaningsih, S. (2018). Konvergensi Media Di Era Digital (Eksploitasi Media Komunikasi Dalam Proses Belajar Mengajar Di Era Digital). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 52–57. https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.317.2018
U. Dinillah, & A. Kurniia SF. (2019). Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pada Akun @tentangislam dan @harakahislamiyah). Kaganga, 1(1), 60–88. https://doi.org/10.15575/tabligh.v1i2.26
Wahyuningsih, T., & Zulhazmi, A. Z. (2020). Jurnalisme Era Baru (Konvergensi Media Radar Jogja Dalam Menghadapi Persaingan Media). Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(1), 76. https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1.2412
Warapsari, D., & Campaign, B. (2020). Crowdfunding sebagai Bentuk Budaya Partisipatif pada Era Konvergensi Media. 08(01), 1–19.
Wibowo, A. (2019). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TREND MEDIA DAKWAH PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL. 03(02), 339–356.

Downloads

Published

2022-06-23

Issue

Section

Articles