Optimalisasi Media Digital Berbasis Kemaslahatan Umat dalam Program Pahlawan Ekonomi Surabaya

Main Article Content

Rio Febriannur Rachman

Abstract

Abstract


This article discusses a number of challenges facing the city of Surabaya as one of the major cities in Indonesia. The city has a number of social problems, including poverty, economic disparity and welfare problems. All that has a correlation with each other, and one of the solutions, is the provision of employment. Since 2010, the City Government of Surabaya has been running the Pahlawan Ekonomi program, which makes Housewives the main target. With hope, they can become the “second economic engine” in the family. Pahlawan Ekonomi provides entrepreneurship training for Housewives, starting from the planning, production, packaging, to marketing. All stages are always under the supervision of a team from the City Government of Surabaya. This paper explores how the implementation of policy in this program, the sustainability, and its correlation to the concept of the Welfare of the People (Kemaslahatan Umat) which is called for in some number of Islamic literatures. In conclusion, this policy has many positive impacts on the community, so that its sustainability can be maintained because it is supported by many parties in Surabaya. The spirit of this program is in harmony with the noble Islamic principles. Moreover, this program has a tagline: Go Global, Go Digital, Go Financial, which makes the program participants ready to compete at the international level.


 


Key Words: Public Policy, the Economy, the Walfare of the People, Digital


 


Abstrak


Artikel ini membahas tentang bagaimana sejumlah tantangan yang dihadapi Surabaya sebagai salah satu kota besar di Indonesia. Kota ini memiliki beberapa persoalan sosial, antara lain, kemiskinan, disparitas ekonomi, dan problem kesejahteraan. Semua itu memiliki hubungan satu sama lain, yang salah satu solusi kongkretnya, bisa berupa penyediaan lapangan pekerjaan. Sejak 2010, Pemerintah Kota Surabaya menjalankan program Pahlawan Ekonomi, yang menjadikan para Ibu Rumah Tangga sebagai sasaran utama. Dengan harapan, mereka bisa menjadi mesin ekonomi kedua dalam keluarga. Pahlawan Ekonomi memberikan pelatihan berwirausaha bagi para Ibu Rumah Tangga, mulai dari tahap perencanaan, produksi, pengemasan, hingga pemasaran. Semua tahapan selalu dalam pengawalan tim dari Pemerintah Kota Surabaya. Tulisan ini mengupas tentang bagaimana implementasi kebijakan dalam program ini, keberlanjutannya, dan korelasinya dengan konsep kemaslahatan umat yang diserukan dalam sejumlah literatur keislaman. Kesimpulannya, kebijakan ini memiliki banyak dampak positif di masyarakat, sehingga keberlanjutannya bisa terus terjaga karena didukung oleh banyak pihak di Surabaya. Semangat dari program ini selaras dengan prinsip-prinsip luhur keislaman.  Terlebih, program ini memiliki tagline: Go Global, Go Digital, Go Financial, yang menjadikan para peserta program siap bersaing di level internasional.


 


Kata Kunci: Kebijakan Publik, Ekonomi, Kemaslahatan Umat, Digital

Article Details

How to Cite
RACHMAN, Rio Febriannur. Optimalisasi Media Digital Berbasis Kemaslahatan Umat dalam Program Pahlawan Ekonomi Surabaya. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 273-292, oct. 2019. ISSN 2443-0056. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/422>. Date accessed: 12 dec. 2019.
Section
Artikel

References

Ahmadi, Rulam. Pemberdayaan Masyarakat Miskin: Pendekatan Modal Manusia (Studi Layanan Publik tentang Pemberdayaan Masyarakat Miskin yang Diselenggarakan oleh BPM-KB dan Posko 100 di Kota Surabaya). DIA: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik 10.2 (2012): 16-31.
Andayani, Sri, and Endro Tjahyono. Peningkatan Kuantitas Dan Kualitas Produk Pada Perajin Batik Dukuh Kupang Kota Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.01 (2014).
Anderson, James E. 1984. Public Policy Making. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Andini, Ike. Sikap dan Peran Pemerintah Kota Surabaya Terhadap Perbaikan Daerah Kumuh di Kelurahan Tanah Kalikedinding Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik 1.1 (2013): 36-47.
Antara News. 2019. Pahlawan Ekonomi Efektif Kembangkan Industri Kreatif di Surabaya. Tersedia di https://m.antaranews.com/amp/berita/812795/pahlawan-ekonomi-efektif-kembangkan-industri-kreatif-di-surabaya diakses pada 27 Juli 2019
Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2019. Balai Besar POM Surabaya Dukung Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda Arek-Arek Suroboyo. Tersedia di https://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/berita/15721/Balai-Besar-POM-Surabaya-Dukung-Pahlawan-Ekonomi-dan-Pejuang-Muda-Arek-Arek-Suroboyo-.html diakses pada 27 Juli 2019.
Bagian Organisasi Pemerintah Kota Surabaya. 2018. Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda. Tersedia di https://organisasi.surabaya.go.id/home/inovasi diakses pada 20 Juni 2019
Berita Kota. 2017. Program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda Go Online. Tersedia di https://beritakota.net/ekbis/program-pahlawan-ekonomi-dan-pejuang-muda-surabaya-go-online diakses pada 28 Juli 2019
Budiati, Ayuning, et al. IT governance sektor publik di Indonesia: Konsep dan kebijakan. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia, 2006, 57-61.
Christanti, Anita. Studi Peranan Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Pembentukan Sikap Dan Intensi Kewirausahaan Di Sentra Industri Produk Roti Dan Kue Rungkut Lor, Surabaya. Agora 4.1 (2016): 242-248.
Detik News. 2016. Produk UKM Pahlawan Ekonomi Surabaya Naik Kelas. Tersedia di https://detik.com/news/berita-jawa-timur/d-3382608/produk-ukm-pahlawan-ekonomi-surabaya-naik-kelas diakses pada 25 Juni 2019
Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Dye, Thomas R. 1972. Understanding Public Policy. New Jersey : Prentice Hall.
Ghulam, Zainil. Membincang Ekonomi Islam dan Kapitalisme. Iqtishduna: Jurnal Ekonomi Islam, Volume 4, Nomor 2, Oktober 2015 Lumajang: Institut Agama Islam Syarifuddin
Ghulam, Zainil. Relasi Fiqh Muamalat dengan Ekonomi Islam. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, Volume 5, Nomor 2, Oktober 2016. ISSN 2443-0056
Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi realitas politik dalam media massa: Sebuah studi critical discourse analysis terhadap berita-berita politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.
Hartini, Sri. Peran inovasi: pengembangan kualitas produk dan kinerja bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan14.1 (2012): 83-90.
Hidayatullah, Indra. Peran Pemerintah dalam Stabilitas Ekonomi Pasar. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, Volume 8 Nomo 1 April 2019, Lumajang: Institut Agama Islam Syarifuddin
Humas Pemerintah Kota Surabaya. 2018. Walikota Risma Kembali Melaunching Tata Rupa Prime yang Bantu Desain Produk UKM Surabaya. Tersedia di https://humas.surabaya.go.id/2018/08/13/wali-kota-risma-kembali-melaunching-tata-rupa-prime-yang-bantu-desain-produk-ukm-surabaya/ diakses pada 28 Juli 2019
Kedaulatan Rakyat. 2018. Top Inovator Harus Tularkan Inovasinya. Tersedia di https://krjogja.com/web/news/read/72249/Top_Inovator_Harus_Tularkan_Inovasinya diakses pada 25 Juni 2019
Kriyantono, Rachmat. Konstruksi humas dalam tata kelola komunikasi lembaga pendidikan tinggi di era keterbukaan informasi publik. Pekommas, 2015, 18.2.
Masruroh, Izzah & Muhammad Farid. Pengaruh Pengelolaan Ekonomi Produktif dalam Mengentaskan Kemiskinan di Kota Lumajang. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, Volume 8 Nomor 1, April 2019, Lumajang: Institut Agama Islam Syarifuddin
Maula, Nurkholifatul. 2018. Strategi Sumber Daya Manusia. Khazanah Intelektual, Volume 2 (1), April 2018: 94-108. Jambi: Balitbang Daerah Jambi.
Nasdian, Fredian Tonny. 2014. Pengembangan masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Nasrullah, Rulli; SI, M. 2016. Teori dan riset media siber (cybermedia). Jakarta: Kencana
Nisak, Amelia Fitrotun. Implementasi Kebijakan Beras Miskin (Raskin) di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya: Studi Deskriptif pada Kelurahan Tanah Kalikedinding. Jurnal Politik Muda, Unair, Surabaya 3.1 (2014).
Nungki, Siti Aminah. Pemberdayaan Perempuan Samijali Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Eks Lokalisasi Warga Jarak Dolly Surabaya. J+ PLUS UNESA 6.1 (2017).
Octavianti, Thirsa. Efektivitas Iklan Televisi Bukalapak edisi “Gunakan Jarimu dan Jadilah Pahlawan di Bukalapak” pada Masyarakat Surabaya. Jurnal e-Komunikasi 4.2 (2016).
Perserikatan Bangsa-Bangsa. 2015. About the Sustainable Development Goals. Tersedia di https://www.un.org/sustainabledevelopment/sustainable-development-goals/. Diakses pada 11 September 2018
Rachmalia Agustin Gunawan, Shela. Kesiapan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Mengimplementasikan standar akuntasi keuangan entitas mikro, kecil dan menengah (SAK EMKM)(studi kasus pada umkm binaan dinas perdagangan Surabaya). Diss. STIE Perbanas, 2018.
Rachmawati, Fitri. Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Ripley, Randall B. & Grace A. Franklin. 1986. Policy Implementation and Bureaucracy. Chicago: The Dorsey Press.
Santoso, Eko Budi, and Rini Ratna Widya. Gerakan pertanian perkotaan dalam mendukung kemandirian masyarakat di kota Surabaya. Seminar Nasional Cities. 2014.
Siahaan, Hotman. Profil Kemiskinan di Surabaya: Sebuah Analisis Fenomenologis. Jurnal Kemiskinan (2011): 219-227.
Soedarso, Soedarso, et al. Dinamika Multikultural Masyarakat Kota Surabaya. Jurnal Sosial Humaniora 6.1 (2013): 62-75.
Sugihartati, Rahma. 2014. Perkembangan masyarakat informasi & teori sosial kontemporer. Jakarta: Kencana
Suharto, Edi. 2014. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: CV Alfabeta
Surjani, P. Manajemen strategi dalam menghadapi era globalisasi. Unitas 11.1 (2002): 20-36.
Surriadi, Berman. Pemberdayaan UKM di Kota Surabaya: Studi Kasus Paguyuban Jajan Pasar di Kecamatan Tandes. AdBispreneur 1.1 (2016).
Syafiq, Hanani. Mengatasi Ancaman Identitas Kemiskinan: Studi Kasus Sebuah Keluarga Miskin di Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi 4.2 (2013).
Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Utomo, Sad Dian. Partisipasi Masyarakat dalam Pembuatan Kebijakan. dalam Indra J. Piliang, Dendi
Ramdani, dan Agung Pribadi, Otonomi Daerah: Evaluasi dan Proyeksi, Jakarta: Penerbit Divisi Kajian Demokrasi Lokal Yayasan Harkat Bangsa, 2003.
Wicaksono, Kristian Widya. Tipologi Inovasi Sektor Publik Pada Tiga Program Inovatif Pemerintah Daerah Kota Surabaya (Tinjauan Reflektif Terhadap Tiga Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2018). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik 1.2 (2018): 196-205.
Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik:Teori dan Proses. Yogyakarta: Med Press