REAKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DISRUPSI

  • Sayyidi Sayyidi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Perkembangan pendidikan selalu berubah seiring perkembangan zaman, semakin luas akses interaksinya semakin luas pula tantangannya. Anak yang di didik di masa lalu  kini menghadapi tantangan nyata saat ini, sementara anak yang di didik saat ini suatu saat akan berhadapan dengan tantangan masa depan. Transformasi pendidikan memang menjadi sebuah keharusan yang tak terhindarkan guna mengimbangi arus dirupsi. Pendidikan di masa lalu cukup mudah membuat anak menjadi pribadi yang taat patuh dan mudah diatur meskipun fungsi tripusat pendidikan berjalan timpang  dan lebih memerankan pendidikan dilingkungan sekolah. Akan tetapi hasilnya sudah cukup memuaskan dalam membentuk karakter dan kepribadian anak yang baik, berbeda dengan kondisi saat ini dimana peran lingkungan pendidikan keluarga dan masyarakat harus mulai diperankan secara maksimal.


Kondisi ini merupakan imbas era dirupsi yang tidak bisa dibendung, tidak hanya pola pikir siswa yang terkontaminasi oleh pemikiran “merdeka belajar” sesuai asumsi dan persepsi mereka, guru pun sudah mulai tertular ‘virus-virus’ pemikiran matrealistik yang ditularkan oleh dunia dirupsi. Pendidik, orang tua, dan masyarakat perlu memahami pentingnya tranformasi pendidikan yang berbasis karakter, pendidikan yang membentuk kepribadian profesional, mandiri, dan islami.


Untuk mewujudkan impian pendidikan karakter perlu adanya kesadaran belajar dan mengajar. Pendidik harus mengubah mindset dalam mengajar, mengubah pola dan kebiasaan dilingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat, dengan tujuan mereka bisa terlibat aktif, pendidik perlu mencari cara, memikirkannya dan mengkombinasikan nilai-nilai islam dan budaya lokal. Keterlibatan pendidik di tiga lingkungan di atas diyakini akan mampu menetralisir rayuan negatif yang ditimbulkan oleh kecanggihan globalisasi.  Sehingga Pendidikan bisa diartikan upaya transformasi ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), pengayaan nilai (transfer of value), pengetahuan tentang karakter kebudayaan (transfer of culture), dan penanaman nilai keagamaan (transfer of religius) menuju orientasi pola perubahan perilaku individu agar memiliki nilai-nilai luhur, cerdas dan terampil.  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-22
How to Cite
SAYYIDI, Sayyidi. REAKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DISRUPSI. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 105-124, mar. 2020. ISSN 2715-0232. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/520>. Date accessed: 10 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i01.520.
Section
Articles