KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SURABAYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

  • Rio Febriannur Rachman Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Abstract

Artikel ini membahas tentang program pendidikan dasar anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Surabaya. Program tersebut dijalankan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya melalui pengadaan Pusat Layanan Disabilitas atau PLD yang lokasinya tersebar di bagian Barat, Timur, Utara, Selatan, dan pusat kota Surabaya. Pada 2009, anak-anak yang menyandang kebutuhan khusus diberi fasilitas belajar bersama dengan mereka yang tidak berkebutuhan khusus melalui sekolah inklusi. Di sekolah inklusi itu terdapat Guru Pembimbing Khusus (GPK) yang berlatar belakang sarjana pendidikan luar biasa dan sarjana psikologi. Pada 2016, program sekolah inklusi yang sudah berjalan itu dikuatkan dengan keberadaan PLD. Program ini merupakan salah satu bukti kalau Surabaya serius memberi pengayoman dan pelayanan bagi masyarakat dari berbagai latar belakang atrau lapisan masyarakat. Sebagai upaya mengimplementasikan semangat Undang-Undang Dasar 1945 yang berazas keadilan sosial, termasuk di bidang pendidikan. Teori yang dipakai dalam artikel ini berhubungan dengan pendidikan dasar, konseling (karena anak-anak berkebutuhan khusus memerlukan intervensi ini), dan kebijakan publik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Artikel ini membahas bagaimana kebijakan publik PLD dihubungankan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang digariskan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan konsep kemaslahatan umat yang ditekankan oleh ajaran Islam. Hasil dari studi ini menunjukkan, program PLD memiliki kesesuaian dengan pembangunan sosial berkelanjutan dan semangat menumbuhkan kemaslahatan umat. Dengan demikian, program ini layak untuk terus dilanjutkan, tentu saja dengan keterbukaan untuk melakukan pembenahan di kemudian hari, dan cocok untuk direplikasi di daerah-daerah lain

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-19
How to Cite
RACHMAN, Rio Febriannur. KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SURABAYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 125-143, mar. 2020. ISSN 2715-0232. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/518>. Date accessed: 14 july 2020. doi: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i01.518.
Section
Articles