PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA MINIATUR UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

  • Bayu Widiyanto Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran yang mempelajari sebab-akibat dari kejadian yang terjadi di alam ini, pembelajaran IPA melibatkan siswa berperan aktif dalam menemukan konsep. Sehingga diperlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam menemukan sebuah konsep. Media miniature merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk siswa memahami konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran interaktif tentang pengelompkan hewan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Dalam penelitian ini, pengukuran diperlakukan dengan lembar aktivitas siswa dan dalam waktu tertentu diberikan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tiga SDN Kemuning Lor 02 Jember

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-19
How to Cite
WIDIYANTO, Bayu. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA MINIATUR UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 47-68, mar. 2020. ISSN 2715-0232. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/516>. Date accessed: 10 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i01.516.
Section
Articles