KONSEP PENDIDIKAN DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM KARYA SYEKH AL-ZARNUJI DAN KITAB WASHOYA AL-ABA’ LIL-ABNA’ KARYA SYEKH MUHAMMAD SYAKIR

  • Moch Mahsun
  • Danish Wulydavie Maulidina Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Abstract

Pendidikan sangat berpengaruh terhadap peserta didik dalam penyesuaian diri dan berkesinambungan sosial terhadap lingkungannya, pendidikan terdapat konsep pendidikan yang harus ditata dengan rapi dalam menjalankan prisip pendidikan dengan hasil berkualitas dan membuat pendidikan benar-benar mampu membentuk peserta didik menjadi generasi yang cerdas dan religius. Konsep pendidikan tersebut banyak ditemukan di dalam kitab Ta’limul Muta,allim kraya Syekh Burhanuddin al-zarnuji dan kitab Washoya al-aba’ lil abna’ karya syekh Muhammad Syakir yang banyak dipakai sebagai pedoman santri dalam menuntut ilmu di pondok pesantren. Kedua kitab tersebut diangap penting untuk dikomparasikan sebagai salah satu acuan dalam mengetahui antara konsep pendidikan di dalam kitab ta’limul mut’allim karya syekh burhanuddin al-Zarnuji dan konsep pendidikan menurut kitab Washoya al-ab’ lil Abna’ karya Syekh Muhammad Syakir. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan memakai teknik pengumpulan data dokumentasi adapun analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Peneliti menemukan di dalam kitab Ta’lim Muta’allim menjelaskan bahwa konsep pendidikan di dalam kitab ini lebih cenderung memaparkan tentang adab seseorang ketika melaksanakan kegiatan belajar maupun mengajar. Sementara konsep pendidikan dalam kitab Washoya al-aba’ lil abna’ tidak hanya berpusat terhadap ketentuan saat belajar dan mengajar akan tetapi juga menjelaskan tentang harusnya seorang anak mengabdi kepada Allah dan rosul-Nya, termasuk di dalamya  dipaparkan tentang akhlak kehidupan sehari-hari.

Published
2019-09-29
How to Cite
MAHSUN, Moch; MAULIDINA, Danish Wulydavie. KONSEP PENDIDIKAN DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM KARYA SYEKH AL-ZARNUJI DAN KITAB WASHOYA AL-ABA’ LIL-ABNA’ KARYA SYEKH MUHAMMAD SYAKIR. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 44-77, sep. 2019. ISSN 2621-2153. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/438>. Date accessed: 22 nov. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.