PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Ni’mah Lailatul Mas’adah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Revolusi industri 4.0 ditandai dengan cyber physical yang mulai diterapkan di berbagai industri masa kini dengan mengembangakan dunia virtual, berupa konektivitas manusia, mesin, dan data yang lebih dikenal dengan Internet of Things (IoT). Ini sebagai bentuk revolusi industri 4.0 yang diperlukan persiapan termasuk metode pembelajaran pendidikan perguruan tinggi secara tepat. Metode pembelajaran yang membutuhkan perhatian guna menjadi simbol persaingan revolusi industri 4.0, diantaranya pengembangan Sumber Daya Manusia, metode pembelajaran pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran era revolusi industri 4.0. Metode yang dianggap sesuai untuk diterapkan di revolusi industri 4.0, diantaranya: Pendidikan yang diselenggarakan atas dasar semangat discovery, selanjutnya pendidikan yang diselenggarakan atas semangat berpikir asembling, atau pendidikan yang diselenggarakan untuk melembagakan cara berpikir "perakit". terakhir, memanggil masuk para pelaku pasar dan dunia industri yang berhasil yang dikenal dengan istilah para praktisi atau penggiat dunia usaha dan industri. Jadikan mereka dosen, tanpa pernah memperdulikan title akademiknya.  Keempat, pendidikan yang diselenggarakan harus dikembangkan kajian bukan berbasis disiplin ilmu semata tetapi berbasis kebutuhan pasar.

Published
2019-04-19
How to Cite
MAS’ADAH, Ni’mah Lailatul. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 105-121, apr. 2019. ISSN 2715-0232. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/437>. Date accessed: 12 dec. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.