PERAN GURU EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM 02 GUMUKREJO KARANGSONO BANGSALSARI JEMBER

  • Ni’mah Lailatul Mas’adah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang
  • Ali Murtadlo Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Salah satu peran guru dalam mengembangkan bakat anak adalah dengan cara membantu pribadi anak baik dari sisi kemandirian, membimbing dan mendorong bakat dan aspek-aspek kepribadian kemasyarakatan. Khsuusnya dalam mengembangkan keterampilan motorik melalui perencanaan pembimbingan dan penyediaan sarana penunjang yang memadai. Kegiatan yang menarik dalam pengembangan ini adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti Qiroah, Pidato, dan Kaligrafi. Penelitian ini difokuskan terhadap peran guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat anak di MI Miftahul Ulum 02 Gumukrejo Karangsono Bangsalsari Jember yang menitikberatkan pada faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus.


Peran Guru Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Bakat Anak memunculkan beberapa indikator keberhasilan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi perhatian dan selalu diupayakan guru ekstrakurikuler adalah Qiroah, Pidato dan Kaligrafi; dengan di dukung oleh a) Guru memiliki semangat yang tinggi dan professional; b) Adanya sarana prasarana yang memadai; c) Antusiasme para guru dalam melakukan kerjasama kegiatan ekstrakurikuler;  sedangkan penghambatnya adanya siswa yang hanya kengikuti kegitan tanpa ada resspon, seperti ketika kegiatan qiroah, mereka hanya mengikuti saja, tidak ada semangat untuk menunjukkan kemampuannya.

Published
2019-09-29
How to Cite
MAS’ADAH, Ni’mah Lailatul; MURTADLO, Ali. PERAN GURU EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM 02 GUMUKREJO KARANGSONO BANGSALSARI JEMBER. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 29-43, sep. 2019. ISSN 2621-2153. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/421>. Date accessed: 22 nov. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.